Categories

Gadget

Aksesori LED Flash Ini Bisa Dipakai dengan Aplikasi Kamera Bawaan Smartphone

Glenn Kaonang - 23 June 2015

Tidak perlu disangkal, LED flash milik smartphone kita sampai saat ini masih kurang efektif dalam memperbaiki kualitas foto di tempat yang kurang cahaya. Pengguna kamera digital pun juga paham bahwa kita butuh aksesori flash terpisah kalau ingin hasilnya memuaskan.

Aksesori flash untuk smartphone sendiri sebenarnya sudah bisa didapat di pasaran dengan mudah. Sayangnya, hampir semuanya cuma bisa digunakan dengan aplikasi pendampingnya masing-masing. Dan seringkali, aplikasi pendampingnya payah jika dibandingkan dengan aplikasi kamera bawaan Android atau iOS sekalipun.

Oleh karena itu, ketika melihat aksesori bernama iBlazr 2 ini, saya cukup terkagum. Pasalnya, LED flash eksternal ini bisa digunakan dengan aplikasi kamera bawaan smartphone – Android maupun iOS.

Info menarik: DxO ONE Sulap iPhone Anda Menjadi Kamera Saku Premium

Melihat namanya, kita langsung tahu bahwa ia merupakan produk generasi kedua. Generasi pertamanya dilanda problem yang sama dengan aksesori lain sejenisnya; yakni ketergantungan dengan aplikasi pendamping. Tidak demikian kali ini.

Setelah menyambungkan iBlazr 2 dan perangkat via Bluetooth 4.0, buka aplikasi kamera bawaannya. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyentuh iBlazr 2 dua kali, maka ia akan menyala dan foto akan diambil secara otomatis.

Yup, selain menjadi sumber pencahayaan ekstra, iBlazr 2 juga berfungsi sebagai remote shutter. Ia pun masih bisa beroperasi meski berada sejauh 25 meter dari smartphone atau tablet yang disambungkan.

Info menarik: Panono, ‘Bola Ajaib’ Pencipta Foto Panorama 360 Derajat

Bagaimana dengan cahaya yang dipancarkan? iBlazr 2 memiliki tingkat kecerahan 300 lux saat dipakai dari jarak 1 meter – sekitar dua kali lipat lebih terang cari flash milik smartphone pada umumnya. Anda pun bisa menyesuaikan suhu warna cahayanya, mulai dari 3200K yang tampak warm hingga 5600K untuk nuansa cool.

Fisik iBlazr 2 terbilang ringkas, hanya 40 x 28 x 10 mm. Ia datang dengan dua macam mount, satu untuk dikaitkan ke smartphone, dan satu lagi untuk dipakai bersama kamera digital. Sebuah diffuser berbahan silikon turut disertakan sehingga iBlazr 2 bisa memberikan efek cahaya yang lebih lembut. Baterainya diyakini bisa bertahan hingga 300 kali pancaran flash.

Meski masih menyisakan waktu yang panjang, kampanye iBlazr 2 di Kickstarter saat ini sudah berhasil menembus target yang ditetapkan. Kalau Anda tertarik, Anda bisa memesannya seharga $49. Harga retail-nya diperkirakan akan naik menjadi $70.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter