24 September 2018

by Glenn Kaonang

Sennheiser Kembangkan Aksesori Berteknologi Spatial Audio untuk Magic Leap

Kemungkinan besar produknya adalah earphone atau headphone yang kompatibel dengan headset Magic Leap One

Game Angry Birds FPS yang bakal dirilis untuk Magic Leap merupakan salah satu bukti pengalaman unik yang dapat ditawarkan AR headset tersebut. Gameplay-nya menarik, dan visualnya yang membaur dengan lingkungan di sekitar pemain pun sangat menggugah perhatian.

Namun di medium mixed reality (AR + VR), grafis barulah sebagian dari cerita lengkapnya. Audio turut memegang peranan penting dalam menumbuhkan kesan immersive. Dalam kasus Magic Leap, headset-nya memang dilengkapi speaker terintegrasi, akan tetapi ini masih jauh dari kata ideal.

Pengalamannya akan jauh lebih ideal apabila melibatkan perangkat yang kapabel untuk spatial audio, atau sederhananya audio yang 'menyelimuti' sekitar kita (360 derajat). Kabar baiknya, Magic Leap One dilengkapi colokan audio 3,5 mm standar, sehingga ia dapat dibantu oleh aksesori yang tepat.

Sennheiser Ambeo Smart Headset / Sennheiser

Salah satu aksesori tersebut tengah dikerjakan oleh Sennheiser. Kita tahu pabrikan asal Jerman itu punya lini perangkat Ambeo yang menitikberatkan pada teknologi 3D audio, yang sejatinya merupakan istilah lain dari spatial audio. Sennheiser ingin inovasinya ini bisa dinikmati para konsumen Magic Leap.

Pastinya apa yang sedang digarap Sennheiser masih belum diketahui, tapi saya menduga antara headphone atau earphone baru dari lini Ambeo. Produk ini nantinya bakal mengusung label "Works with Magic Leap" sebagai pertanda bahwa perangkat sudah pasti kompatibel dengan headset Magic Leap One.

Balik ke game Angry Birds FPS tadi, kehadiran headphone atau earphone berteknologi spatial audio seperti besutan Sennheiser ini tentunya dapat menambah keseruan bermain. Suara burung yang kita lontarkan dengan katapel akan terdengar menjauh seiring ia meluncur menuju ke markas para babi. Ini baru satu contoh, dan tentu masih ada banyak skenario yang lain, dengan konten yang lain pula.

Sumber: Sennheiser.