Categories

Internet

Tetap Aktif dan Produktif Saat Harus #DiRumahAja

Beraktivitas tetap nyaman dengan waktu yang efektif, sekaligus meningkatkan kesehatan

JuLi Andrian - 2 April 2020

Pandemi virus Korona (COVID-19) yang saat ini dialami banyak negara di seluruh dunia juga berdampak pada masyarakat Indonesia. Dengan diterapkannya berbagai kebijakan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, mulai dari social distancing, physical distancing, isolasi, karantina, dan bahkan lockdown membuat berbagai perusahaan, kampus, hingga sekolah ditutup. Hampir semuanya menerapkan work from home bagi karyawan atau learn from home bagi pelajar dan mahasiswa.

Untungnya, saat ini kita hidup di era digital yang serba canggih, sehingga banyak pekerjaan dapat dilakukan secara aktif lewat “online“. Mulai dari kolaborasi dokumen secara online atau virtual meeting dengan video. Modalnya hanya laptop, smartphone, dan koneksi internet yang memadai tentunya.

Buat kamu, khususnya para mahasiswa yang nggak terbiasa kuliah dari rumah, ada dua hal yang mungkin terjadi. Pertama, terlalu nyaman dengan suasana rumah sehingga tugas menumpuk dan nggak selesai. Atau kedua, terlalu serius dengan tugas sampai lupa untuk menikmati kenyamanan suasana rumah. Nah, kali ini kita akan bahas beberapa tips supaya kamu, khususnya para mahasiswa bisa tetap aktif, belajar dengan efektif, dan nyaman saat harus #DiRumahAja.

Tetap Bangun Pagi Seperti Biasa

Dengan beraktivitas di rumah, berarti kamu nggak harus berjibaku untuk berangkat ke kampus seperti biasa. Buat kamu yang biasanya harus berdesakan di transportasi umum, atau bermacet ria dengan kendaraan pribadi, ini saatnya melepaskan diri dari penatnya rutinitas “berangkat dan pulang”. Tapi jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk bangun siang, ya!

Sebaiknya, tetaplah bangun pagi seperti biasa. Memperpanjang waktu bermalas-malasan di kasur saat bangun sekitar 10 menit sih boleh saja, tapi jangan kebablasan ya! Setelah bangun, kamu bisa habiskan waktu yang biasa digunakan untuk berangkat kuliah dengan hal lain yang lebih bermanfaat. Misalnya sarapan pagi atau berjalan-jalan di sekitar rumah, yang biasanya jarang sempat kamu lakukan karena terburu-buru. Atau kamu bisa berolahraga ringan dengan mengikuti gerakan dari video di YouTube atau aplikasi smartphone.

Mandi Pagi dan Berpakaian

Nggak pergi ke mana-mana bukan berarti nggak usah mandi, lho. Kegiatan mandi pagi dapat memberikan kamu kesegaran dan mood yang kamu butuhkan untuk beraktivitas dengan nyaman. Kalau nggak mandi, biasanya badan akan terasa “lengket” karena keringat akibat tidur semalaman. Menggunakan pakaian yang bersih dan nyaman juga menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan mood kamu dalam beraktivitas. Terutama saat harus mengerjakan tugas atau mengikuti kelas perkuliahan secara online.

Siapkan Tempat Belajar yang Nyaman

Di masa pandemi ini, sebagian kampus atau universitas menerapkan sistem perkuliahan online lewat video meeting. Buat kamu yang nggak terbiasa, mengikuti kuliah dari rumah mungkin akan terasa membosankan karena tidak ada suasana kelas seperti biasa. Untuk menyiasatinya, carilah satu sudut di rumah atau kamar kamu yang akan kamu gunakan sebagai “kelas sementara”.

Jika memungkinkan, sediakan meja dan kursi yang nyaman, atau minimal gunakan meja kecil dan bantal duduk untuk lesehan. Menggunakan laptop di kasur sambil tiduran memang terasa nyaman, namun kurang baik untuk postur tubuh kamu. Sempatkan juga untuk bangun dari tempat dudukmu dan lakukan gerakan badan ringan, minimal setiap satu jam agar badan kamu tidak kaku.

Tentukan Jam Belajar

Menentukan jam aktif belajar sangat baik untuk membantu kamu tetap disiplin. Fokuslah untuk belajar mulai dari jam masuk kuliah seperti biasa, lalu beristirahatlah ketika sudah masuk saatnya. Misalnya kamu mulai belajar dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang. Beristirahat sejenak. Lalu kembalilah belajar saat sudah waktunya, misalnya dari jam 1 siang sampai jam 4 sore.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan di waktu istirahat selain makan siang dan bersantai. Misalnya dengan bermain online game, baik di desktop maupun smartphone. Selain memilih jaringan yang kencang dan stabil, jangan lupa untuk memastikan kuota internet kamu selalu cukup, ya. Supaya kamu tetap dapat selalu online baik saat bermain game maupun saat mengikuti kuliah online dan mengerjakan berbagai tugas.

Setelah jam belajar kamu berakhir, kamu bisa merapikan meja kamu dan bersantai. Momen kuliah di rumah ini juga dapat kamu gunakan untuk bisa mandi sore lebih cepat, sehingga tubuh terasa lebih segar. Barulah setelah itu kamu dapat bersantai kembali, browsing atau menonton video YouTube untuk menambah wawasan dan pengetahuan, atau untuk mengasah bakat dan kreativitas kamu.

Saatnya Berkreasi

Seharian berada di rumah memang terdengar membosankan. Namun sebenarnya, di balik semua itu kamu telah menghemat banyak sekali energi yang biasa digunakan untuk bepergian ke sana ke mari. Nah, energi tersebut dapat kamu manfaatkan untuk berkreasi.

Saat ini banyak sekali platform media sosial yang memungkinkan kamu untuk mewujudkan dan menunjukkan kreativitas kamu kepada masyarakat luas. Misalnya dengan membuat konten-konten video menarik untuk ditampilkan di YouTube dan Instagram, atau konten kreatif lainnya.

Pilih Koneksi Internet yang Tepat

Saat harus berada seharian di rumah dengan berbagai kegiatan online, tentu kamu membutuhkan koneksi internet yang kencang dan stabil. Namun segala aktivitas online tersebut bakal menguras kuota data yang cukup besar per harinya. Salah satu pilihan tepat untuk kondisi ini adalah memilih provider yang dapat menyediakan kuota besar secara harian dengan harga yang murah. Misalnya by.U yang memiliki paket kuota harian 10GB dengan harga hanya Rp10 ribu.

Read more

Itulah beberapa tips agar kamu lebih aktif, efektif, tapi tetap asyik, sekaligus dapat meningkatkan kreativitas kamu walau semuanya dilakukan di rumah. Jangan lupa juga untuk memilih provider internet kencang dengan harga ramah kantong, serta dengan layanan yang mudah diakses, semuanya semaunya seperti by.U, provider internet yang serba digital.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh by.U

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id