Corsair Components Mengakuisisi Elgato Gaming

Akuisisi Elgato Gaming, Corsair Ambil Ancang-Ancang Buat Invasi Ranah Stream Video?

Corsair belum mengungkap informasi lebih jauh terkait akuisisi ini.
Logo Corsair dan Elgato Gaming.
Logo Corsair dan Elgato Gaming.

Corsair telah melangkah begitu jauh dari saat mereka memulai bisnisnya dengan menjadi pemasok memori PC. Ketika nama Corsair disebutkan sekarang, konsumen akan segera mengasosiasikannya dengan hardware dan periferal gaming premium. Dan beberapa tahun lagi, perusahaan asal Fremont itu mungkin akan jadi salah satu pemain di ranah live stream.

Di tanggal 27 Juni kemarin, Corsair Components mengumumkan bahwa mereka sudah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi divisi gaming dari Elgato. Elgato ialah perusahaan teknologi berbasis Munich, Jerman, yang terkenal akan produk perekam video EyeTV. Belakangan, Elgato mulai memperkenalkan deretan perangkat pintar seperti key fob, smart bulb sampai smart water controller.

Pemberitahuan itu cukup singkat dan belum mengungkap detail-detail seperti seberapa nilai total dari pengambil-alihan tersebut, apakah teknisi Elgato Gaming akan dipindahkan ke markas utama Corsair, serta kapan mereka mulai beroperasi bersama tim di Kalifornia. Corsair juga belum menyingkap arahan bisnis mereka selanjutnya, tapi melihat reputasi Elgato Gaming, kita bisa memprediksi ke mana Corsair akan melakukan ekspansi.

Divisi gaming Elgato memperkenalkan Game Capture HD di tahun 2012, yaitu aksesori console berkonektivitas USB yang berfungsi buat merekam sesi bermain. Produk ini kabarnya diramu sebagai respons munculnya kegiatan tak terduga di kalangan konsumen mereka: mengoprek produk EyeTV untuk merekam game. Dua tahun setelahnya, Elgato melepas versi baru Game Capture, yakni HD 60 – mampu mengabadikan video di 1080p 60fps.

Melihat fokus Corsair pada penyediaan aksesori gaming, tidak aneh jika buah dari akuisisi ini adalah kelahiran perangkat recording serupa dengan fitur dan spesifikasi lebih canggih lagi. Dan seperti produk mereka lainnya, kustomisasi dan konfigurasi (boleh jadi) dapat dilakukan lewat software Corsair Utility Engine. Dalam beberapa tahun terakhir ini, Corsair berupaya memperluas kompatibilitas gaming gear mereka sehingga bisa dinikmati pula oleh gamer console.

Akuisisi tidak diterapkan pada seluruh aset Elgato. Divisi connected home mereka, Elgato Eve, akan terus beroperasi secara independen dan terpisah, mengusung nama Eve Systems. Corsair juga mengabarkan bahwa mereka meminta bantuan firma investasi global Drake Star Partners untuk menjadi penasehat finansial, serta Bird & Bird sebagai penasehat hukum bagi Elgato di masa transisi tersebut.

Nama Elgato mungkin cukup jarang kita dengar, namun perangkat Game Capture HD mereka bisa mudah ditemukan di sejumlah platform eCommerce lokal. Pertanyaannya, akankah produk-produk itu tetap mendapatkan dukungan purna jual setelah Elgato bergabung bersama Corsair?

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…