Developer Pencipta Pokémon Go Akuisisi Evertoon

Akuisisi Evertoon, Niantic Berencana Membubuhkan Fungsi Sosial Media di Pokémon Go

Misi baru tim Evertoon adalah menambahkan platform sosial di permainan-permainan ciptaan Niantic.
Tim Evertoon
Tim Evertoon

Walaupun Game Freak bisa dibilang sinonim dengan franchise Pokémon, satu hal istimewa yang disajikan Pokémon Go kreasi Niantic ialah sensasi serunya bermain bersama. Berbekal pengalaman mereka mengembangkan Ingress, developer menanamkan sejumlah elemen sosial di game mobile Pokémon berbasis augmented reality itu dan terus memperkaya ekosistemnya.

Di akhir minggu kemarin, Niantic kembali melakukan satu langkah strategis. Mereka mengumumkan telah mengakusisi Evertoon, tim developer app mobile yang memungkinkan Anda menciptakan video animasi 3D secara simpel. Dalam pernyataannya, John Hanke selaku founder Niantic menyampaikan bahwa bergabungnya Evertoon akan membantu timnya ‘berkembang serta berevolusi’.

Secara terpisah, Evertoon menjelaskan misi baru mereka: menambahkan platform sosial di permainan-permainan ciptaan Niantic, termasuk Pokémon Go, Ingress serta game-game mereka selanjutnya. Evertoon sangat percaya diri pada kemampuan mereka. Selama 18 bulan berkiprah, banyak hal sudah Evertoon pelajari, terutama di bidang pembangunan komunitas dan pengalaman-pengalaman sosial.

“Permainan-permainan ciptaan Niantic sangat unik karena membuat para pemainnya berkumpul di dunia nyata, dan kami sangat bersemangat untuk saling berbagi keahlian bersama mereka,” tutur perwakilan Evertoon.

Menurut Niantic, Niniane Wang dan timnya sejauh ini telah mencoba mengeksplorasi ide-ide inovatif untuk menambahkan mekanisme sosial ke produk digital. Developer pencipta Pokémon Go juga sangat mengapresiasi kepemimpinan sang founder Evertoon di ranah engineering serta kemampuan pengelolaan tim, dan mengungkapkan bahwa hal ini sangat berharga bagi Niantic Labs.

Bergabungnya Evertoon bersama Niantic menandai akhir perjalanan aplikasi iOS tersebut. Developer akan menghentikan dukungan online agar bisa fokus ke tugas baru mereka – termasuk menutup akses ke komponen dan komunitas online – sehingga versi lawas dari app ini tak lagi dapat dipakai. Agar user tetap bisa menikmatinya, developer berencana buat menambahkan mode offline pada tanggal 30 November 2017 nanti.

Sebagai bentuk terima kasih pada para penggunanya, tim Evertoon baru-baru ini meluncurkan tak kurang dari 60 animasi dan 13 item pakaian baru.

Pokémon Go memang tak lagi jadi fenomena global seperti saat pertama kali meluncur, tapi game ini tetap menghasilkan banyak uang. Berdasarkan hasil analisis Serkan Toto selaku CEO Kantan Games di blog-nya, Pokémon Go mendongkrak pemasukan The Pokémon Company 26 kali lipat ke US$ 143 juta di tahun lalu.

Sumber: Niantic Labs.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…