Categories

Interview

AkuJomblo Ramaikan Platform Mencari Pasangan Online

Berencana untuk meluncurkan layanan verified membership di tahun 2016

Adjie Priambada - 16 February 2016

Pasar layanan untuk mencari pasangan secara online sebenarnya telah cukup ramai di Indonesia, namun itu tampaknya tak menyurutkan niat para pelakunya untuk unjuk gigi. Salah satu di antaranya adalah startup bernama AkuJomblo yang telah hadir sejak tahun 2012. Sebelumnya, layanan pencarian jodoh online di Indonesia telah lebih dahulu diramaikan oleh pemain dari luar atau dalam negeri seperti Paktor, Wavoo, Setipe, Tinder, dan Woo.

AkuJomblo memposisikan dirinya sebagai situs untuk memperluas pergaulan yang membidik kalangan anak muda. Lewat layanan AkuJomblo penggunanya dapat berkenalan dengan orang lain dalam rangka mencari pasangan yang cocok. AkuJomblo juga menjanjikan layanannya adalah lingkungan untuk berkenalan yang aman tanpa tekanan dan dapat digunakan secara anonim.

AkuJomblo sendiri lahir dari tangan Wilhan Martono yang kini sedang tinggal di Amerika Serikat. Wilhan menjelaskan bahwa ia mendirikan AkuJomblo berangkat dari kegelisan sulitnya orang Indonesia yang ingin berkenalan dengan orang Indonesia lainnya di Amerika Serikat. Padahal ada kemungkinan bisa menjadi pasangan yang cocok, bila keduanya bisa saling berkenalan.

Versi pertama dari AkuJomlo sendiri telah hadir sejak tahun 2012 silam dan di tahun 2016 ini AkuJomblo sudah masuk versi yang keempat.

Wilhan mengatakan, “AkuJomblo didirikan awalanya untuk perjodohan anonim dimana Anda [bisa] menjadi cupid untuk sepasang teman yang Anda rasa cocok. Versi pertama AkuJomblo sudah ada sejak tahun 2012. Saat ini Anda melihat versi yang keempat.”

Untuk menggunakan layanan AkuJomblo, pengguna hanya perlu daftar dan melakukan verifikasi email yang digunakannya. Kemudian pengguna akan diminta untuk melengkapi biodata dan juga foto. Baru setelahnya pengguna bisa mulai berselancar untuk melihat halaman pengguna lain dan mulai berkenalan.

Ada beberapa fitur unggulan yang disediakan AkuJomblo. Beberapa di antaranya adalah Chat untuk memulai percakapan, Bookmark untuk markah profil pengguna lain agar bisa berkenalan di lain waktu, Tombol SIP yang berfungsi seperti tombol like dalam Tinder, dan pilihan untuk membuka atau menutup profil.

Wilhan menjelaskan, “Pada profil tertutup, foto akan dikaburkan dan hanya bisa dilihat oleh anggota yang sudah di SIP oleh Anda. […] Untuk meningkatkan keamanan dan mencegah spam, Anda bisa juga block anggota lain.  Kami juga menghimbau anggota memakai fitur Chat Akujomblo daripada Chat lain seperti Whatsapp atau BBM untuk menjaga informasi pribadi anda.”

Model bisnis dan rencana di tahun 2016

AkuJomblo saat ini beroperasi di bawah payung Prophet Technology (Prophetek), perusahaan yang bergerak pada bidang website dan custom software development. Selain AkuJomblo, masih ada Kota, TokoBesar, dan Chat2 yang berada di bawah payung perusahaan Prophet Technology.

Mengenai model bisnisnya, Wilhan mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang mengembangkan beberapa model bisnis. Beberapa diantaranya akan segera hadir dalam layanan seperti virtual gift, brand advertising, hingga video chat. Selain itu, direncanakan juga untuk meluncurkan layanan verified membership untuk anggota AkuJomblo.

Wilhan mengatakan, “Kami juga akan meluncurkan [layanan] verified membership dimana anggota bisa unduh foto identifikasi resmi dan menjadi anggota yang sudah di verifikasi untuk membantu keyakinan anggota saling berkomunikasi dalam lingkungan yang aman. Kami juga sedang mencari investor dan advisor yang berpengalaman yang bisa membantu kami berkembang dengan cepat.”

“Pada dasarnya kami percaya bahwa apps ini akan membantu banyak orang terutama muda mudi dalam menemukan pasangan yang cocok,” lanjut Wilhan.

Selan dalam versi desktop yang dapat diakses lewat peramban, AkuJomblo juga sudah tersedia dalam bentuk mobile apps untuk perangkat Android yang bisa diunduh melalui Google Play.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter