Categories

Tips & Trik

[Ask the Expert] Tolong, Akun Facebook Saya Terkunci!

Langkah mudah mengatas akun Facebook yang diblokir sementara

Bambang Winarso - 4 August 2016

Halo, apa kabar? Kolom ATE atau Ask the Expert kembali menjumpai pembaca setia Dailysocial yang kali ini akan mengangkat persoalan yang ditanyakan oleh Nuri, di Palembang.

Pertanyaanya:

Mas, tolong dong, akun Facebook saya terkunci sementara, apa yang harus saya lakukan untuk kembali bisa membukanya? Terima kasih.

Nuri

Jawaban

Untuk meredam aksi peretasan sekaligus spam, Facebook sudah sejak lama menerapkan aturan checkpoint yang tujuannya adalah untuk mengamankan sekaligus mencegah aksi para spammer. Aktivitas spam antara lain, meminta pertemanan secara masif, memposting dalam jumlah banyak ke grup atau halaman, bergabung ke grup secara massal dan aktivitas tak normal lain yang dianggap dilakukan oleh mesin.

Akun yang terkena checkpoint akan otomatis terblokir, tapi untuk sementara. Anda masih bisa mengklaim kembali akun asal mampu melewati proses verifikasi yang diminta. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Jika pesan yang Anda lihat seperti di gambar ini, kemungkinan akun Anda pernah diretas atau diakses oleh orang di wilayah yang asing. Tak perlu cemas, klik saja tombol Continue untuk mengklaim kembali akun Anda.

checkpoint_01

  • Berikutnya, Anda akan memperoleh penjelasan mengenai proses verifikasi, di mana Anda diminta untuk mengenali nama dari foto yang ditandai.

checkpoint_00

  • Klik tombol Start dan silahkan pilih salah satu nama dari foto yang ditandai oleh sistem. Setelah ini akan ada 4 nama lagi yang harus Anda jawab dengan benar.

ceckpoint_02

  • Apabila ternyata verifikasi di atas gagal, Anda masih punya cara lain untuk ditempuh. Selesaikan saja proses verifikasi di atas, nanti di jendela terakhir akan muncul jendela seperti ini. Di sini Anda bisa mengunggah foto atau scan kartu identitas resmi. Nama yang tertera harus sama dengan nama akun Anda. Boleh KTP, SIM, Pasport dan lain-lain.
upload-a-photo-id
Langkah terakhir adalah dengan mengunggah kartu identitas asli Anda

Selamat mencoba ya Nuri, semoga akunnya lekas kembali.

Sumber gambar header Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter