20 January 2017

by Rahardan Apriadji

akutahu.com Menggambar Konten di Tengah Banjir Media Online

Di tengah arus informasi yang terlalu deras dan sulit untuk diwadahi, sebuah startup justru berinisiatif untuk ‘merapikan’ ini dan menyajikannya kepada Anda

Sebuah social media maintenance tools bernama Buffer melakukan penelitian dan menunjukkan bahwa waktu rata-rata kegiatan membaca online yang ideal ialah tujuh menit, atau sekitar 1.600 kata yang dibaca. Kisaran durasi tersebut akan terasa lama bila dibandingkan dengan ragam berita yang terus mengucur dan diterima masyarakat, khususnya di era serba sibuk ini.

Banyaknya informasi yang tersebar menjadikan pembaca kurang memiliki waktu untuk memilih dan memilah mana yang perlu dibaca. Alhasil, tak sedikit dari mereka yang membaca sepenggal dua penggal, kurang komprehensif, yang pada akhirnya boleh jadi kebiasaan, bahkan tidak jarang menjadi sumber awal kemunculan berita hoax.

Melihat keran medium informasi yang terbuka luas dan menjadikan arus berita membanjiri masyarakat, sebuah startup berupaya memfasilitasi masyarakat agar tidak merasa ‘kerepotan’ dalam menikmati berita. akutahu.com, namanya.

Berslogan “lebih cerdas dan mencerahkan”, akutahu.com mencoba mengemas deretan berita yang setiap hari meramaikan newsfeed dan lini masa Anda menjadi infografis dengan konten yang lebih ringkas namun tetap koheren. Ringkasnya mereka memvisualisasikan info di tengah banjir berita di mana-mana.

Secara tampilan, platform yang dapat diunduh di App Store dan Google Play ini tergolong sederhana. Segera setelah Anda meng-klik aplikasi akutahu.com di smartphone, Anda akan langsung disajikan berita terhangat yang sudah dirangkum dan ‘digambar’ oleh akutahu.com.

Bila tombol menu yang ada di kanan bawah layar ditekan, Anda akan menemukan pilihan submenu berupa Tentang akutahu.com, Berita, Share, Email, dan Kuis, yang mana saat Anda klik bagian Berita, Anda akan mendapati 5 berita-berita terdahulu yang telah diulas oleh tim akutahu.com serta komik Si Cuan Panda yang menjadi “sisi lain” mengenai ulasan berita dan mengundang tawa serta dibawakan secara ringan.

Cukup sederhana, bukan? Simpelnya aplikasi ini dengan gaya penuturan yang cukup mudah diterima berbagai kalangan masyarakat adalah keunggulan dari akutahu.com, di mana setiap harinya Anda akan mendapatkan 1 - 2 ulasan berita terkini.

Application Information Will Show Up Here

 

-

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial hasil kerja sama DailySocial dan akutahu.com.