Salah jika ada yang berangkapan fokus utama bisnis harus dikerahkan ke pelanggan. Nyatanya untuk bisa memberikan yang terbaik baik pelanggan, semua dimulai dari dapur, yaitu tim yang Anda miliki. Jadi sebelum memulai untuk fokus pada pelanggan bisnis harus fokus ke dalam, fokus pada tim yang ada.

Berikut beberapa alasan mengapa bisnis sangat perlu untuk mendahulukan fokus kepada tim sebelum fokus pada yang lain.

Tim yang solid

Salah satu produk yang berkualitas atau layanan yang prima selalu ada tim yang solid di belakangnya. Orang-orang pemasaran yang bisa dengan baik memperkenalkan produk ke masyarakat, para developer yang menulis kode berkualitas sehingga efektif dalam penggunaannya, orang-orang finansial yang mengelola keuangan dengan baik dan lain sebagainya. Tim yang solid tidak lepas dari bagaimana pemimpin, bagaimana bisnis memperlakukannya. Ini adalah salah satu alasan terkuat mengapa bisnis harus mengutamakan fokus pada tim.

Menambah produktivitas

Perkara solid bukan hanya soal kualitas, tapi juga produktivitas. Setiap orang di dalam tim akan merasa diperhatikan, merasa harus memberikan yang terbaik untuk tim. Tidak mudah untuk membuat hal itu, perlu proses yang berkelanjutan.

Profit

Kualitas dan produktivitas yang dihasilkan oleh tim berkaitan erat dengan profit atau penghasilan dari bisnis. Jadi profit yang baik mau tidak mau harus dimasukkan ke dalam alasan-alasan mengapa fokus ke tim merupakan sebuah hal penting.

Meningkatkan kepuasan pelanggan

Jika bisnis mampu membuat tim berkualitas, baik secara komunikasi, produktivitas, dan lainnya bukan tidak mungkin bisnis juga mampu membuat kualitas hubungan yang baik dengan pelanggan. Sederhananya, bagaimana bisnis memperlakukan pelanggan dilihat dari mereka memperlakukan timnya.

Reputasi yang baik

Setiap anggota tim adalah “duta”¬†perusahaan. Mereka bisa menjadi pengguna pertama yang menggunakan layanan atau produk yang dikembangkan. Dari mereka juga tercermin bagaimana kualitas produk. Jika mereka bahagia dan nyaman dengan status mereka bekerja di perusahaan tersebut ini akan menjadi sinyal positif bagi masyarakat luar bahwa apa yang sedang dikerjakan perusahaan tersebut adalah sesuatu yang baik.