1. Startup

Alasan Umum Kegagalan Startup

Mulai dari kesalahan manajemen tim hingga kehabisan dana

Dalam mengembangkan bisnis kegagalan merupakan hal yang paling dihindari. Kegagalan sendiri memiliki banyak sebab. Penting untuk setiap pengusaha memperhatikan alasan-alasan mengapa sebuah bisnis bisa gagal. Bisa dari pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain. Berikut beberapa alasan umum yang seringnya menjadi dasar kegagalan sebuah bisnis.

Kerja sama tim

Salah satu tantangan terbesar startup ada pada pengelolaan tim. Tim yang solid akan menjadi fondasi yang kuat sebuah bisnis atau startup untuk tumbuh. Begitu pun sebaliknya. Tim yang tidak dikelola dengan baik bisa menjadi awal dari kegagalan. Keruntuhan yang berawal dari dapur bisnis. Untuk bisa menghindari kegagalan mengelola tim pastikan untuk memilih talenta yang bisa bekerja sama, baik secara individu maupun tim.

Kegagalan mempelajari pasar

Semua tahu bahwa inti dari keberhasilan bisnis adalah bisa diterima dengan baik di pasaran. Mulai dari ide, eksekusi, dan keputusan-keputusan lain biasanya ditentukan berdasarkan studi yang dilakukan di pasaran. Salah satu alasan di balik kegagalan sebuah bisnis sering timbul dari sini. Kesalahan pada saat mempelajari pasar. Tanda-tandanya mungkin bisa dilihat dari gagalnya bisnis mendapatkan pelanggan dan semacamnya. Itulah mengapa pada saat membangun sebuah bisnis fokus pertama dan utama ada pada peluang yang dilihat di pasar.

Strategi pemasaran yang buruk

Pada dasarnya semua produk atau jasa itu bisa dijual. Tinggal bagaimana cara menjualnya. Di sini proses pemasaran memegang perang penting. Sebaik apa pun produk jika tidak ditawarkan dengan cara yang menarik akan mendapat sedikit perhatian dari khalayak. Pemasaran memiliki peran sentral dalam keberhasilan sebuah produk di terima di pasar. Kegagalan dalam pemasaran bisa juga berarti mematikan bisnis secara perlahan.

Kehabisan uang

Alasan yang satu ini erat kaitannya dengan alasan sebelumnya, strategi pemasaran. Bisnis sering menaruh investasi yang berlebih di area pemasaran. Istilah jaman sekarang “bakar uang” untuk menarik banyak pelanggan. Sialnya, jika ini tidak dilakukan dengan terukur akan menjadi mimpi buruk. Kehabisan bensin. Uang atau modal mungkin menjadi yang utama alasan mengapa bisnis tetap berjalan, kesalahan perhitungan menempatkan uang, terlalu boros bisa menghabiskan bahan bakar bisnis ini yang akhirnya bermuara pada kegagalan bisnis. Tidak sedikit startup di Indonesia yang tutup dengan alasan kehabisan modal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again