17 March 2015

by Glenn Kaonang

Alat Ini Bisa Beri Peringatan Saat Pengemudi Mengantuk

Kita telah melihat teknologi lampu depan mobil yang bisa dikendalikan oleh mata. Sistem tersebut memanfaatkan kamera dan sensor-sensor untuk mengenali pergerakan mata. Pertanyaan saya waktu itu, apa yang terjadi ketika sang pengemudi memejamkan matanya lalu tertidur?

Seperti yang kita semua ketahui, mengantuk adalah masalah besar kala mengemudi. Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi akibat pengemudinya tertidur. Untuk itulah diperlukan alat bantu yang bisa mencegah pengemudi tertidur saat tengah menyetir.

Perusahaan perangkat elektronik asal AS, Impecca, tampaknya punya solusi atas masalah tersebut. Mereka merancang sebuah perangkat wearable yang dapat memonitor aktivitas otak dan memberi peringatan kala penggunanya menunjukkan gejala-gejala mengantuk.

Info menarik: BMW Kembangkan Device AR Untuk Melihat Menembus Mobil

Bernama Impecca Alert Band, perangkat ini memiliki wujud seperti bando yang dikenakan pada dahi penggunanya. Di dalamnya telah tertanam sejumlah sensor yang dapat memonitor aktivitas otak – arus-arus listrik kecil (brainwave) – untuk mengetahui adanya indikasi bahwa penggunanya tengah kelelahan.

Akurasinya diklaim mencapai angka di atas 90 persen. Sensor yang tertanam juga diyakini dapat mengenali indikasi kelelahan 3–5 menit sebelum penggunanya terlelap, dan perangkat ini pun akan memberikan peringatan secara langsung.

Peringatan tersebut disampaikan dalam bentuk notifikasi pada smartphone – semacam alarm yang kemungkinan besar cukup berisik. Impecca Alert Band dapat menyambung ke perangkat Android maupun iOS via sambungan Bluetooth 4.0, kemudian meneruskan data-data aktivitas otak yang dikumpulkan ke aplikasi pendampingnya.

Info menarik: Samsung Menggabungkan Perangkat Wearable dan Aplikasi Mobile Menjadi Alat Pendeteksi Stroke

Agar lebih mudah dipahami, data-data tersebut akan diterjemahkan dalam skala 0 sampai 100. 0 berarti sang pengguna benar-benar melek dan fokus, sedangkan 80 ke atas berarti sang pengguna disarankan segera beristirahat karena indikasi kelelahannya amat kuat.

Selain alarm di smartphone atau tablet sang pengguna, Impecca Alert Band juga bisa mengirimkan notifikasi ke keluarga maupun teman sang pengguna sehingga mereka juga dapat memberikan peringatan, misalnya via panggilan telepon atau pesan teks.

Perangkat ini diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 20 jam untuk satu kali charge. Pihak pengembangnya berencana untuk memasarkan Impecca Alert Band mulai bulan Mei 2015, dengan harga jual $250 (± Rp 3,3 juta) per unitnya.

Sumber: Impecca via Gizmag.