29 December 2017

by Bambang Winarso

Alcatel Siapkan Smartphone Layar Penuh Paling Terjangkau?

Alcatel 3C disebutk bakal mengemas layar penuh dengan rasio 18:9 namun dengan banderol yang lebih miring

Tahun ini smartphone kelas menengah hingga flagship ramai-ramai menerapkan desain layar penuh dengan aspek rasio 18:9. Seolah-olah hanya dua segmen tersebut yang bakal memonopoli pasar. Artinya, konsumen yang menginginkan penampang layar super lebar harus rela merogoh kocek lebih dalam.

Tapi Alcatel tampaknya ingin merusak kesenangan para penguasa pasar dan membiarkan konsumen mendapatkan kesempatan lebih luas untuk mendapatkan perangkat dengan layar idaman tersebut. Dilaporkan oleh Winfuture via PhoneArena, bahwa pabrikan asal Perancis itu sedang mempersiapkan sebuah smartphone kelas bawah atau entry level yang pastinya berbanderol murah tapi dengan bekal layar penuh 18:9.

Adalah Alcatel 3C yang disebut bakal diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan, salah satunya ke pasar Eropa dengan banderol di kisaran €120. Dengan harga ini, Alcatel disebut berani menyematkan layar 6 inci dengan aspek rasio 18:9 dan memiliki resolusi HD+ 1440 x 720 piksel. Spek jeroannya tak terlalu istimewa, tapi relatif baik untuk ukuran smartphone kelas entry level. Misalnya, di bagian dapur pacu ia hanya menggunakan MediaTek MT8321 dengan empat buah prosesor berkecepatan 1,3GHz dan RAM 1GB. Ruang simpannya cukup lega, seluas 16GB yang masih bisa diperluas dengan tambahan microSD.

Kamera utamanya menggunakan sensor 8MP yang didampingi oleh kamera depan berukuran 5MP untuk menangkap foto selfie ataupun panggilan video. Di belakang terdapat baterai sebesar 3.000mAh yang akan menjaga perangkat berbasis Android 7.0 Nougat ini tetap terjaga selama 15 jam di modus bicara atau 300 jam di modus siaga.

Cukup menarik, dan mudah-mudahan Alcatel juga berencana menghadirkan smartphone murahnya ini ke pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia.