5 September 2016

by Glenn Kaonang

Alcatel Umumkan Empat Perangkat Wearable Anyar di IFA 2016

Smartwatch, activity tracker, GPS tracker dan smartwatch khusus anak-anak

Lahir di benua Eropa, sudah menjadi hal yang wajar bagi Alcatel untuk memanfaatkan ajang tahunan IFA sebagai panggung unjuk gigi. Tahun ini, mereka tampak cukup antusias di ranah wearable dengan memperkenalkan empat perangkat baru sekaligus di bawah seri "Move".

Movetime WiFi Watch

Yang pertama adalah Movetime WiFi Watch, sebuah smartwatch yang, sesuai namanya, dilengkapi konektivitas Wi-Fi sekaligus Bluetooth untuk menjadi pendamping sejati smartphone. Desainnya simpel tapi tetap menarik, dengan layar sentuh AMOLED 1,39 inci beresolusi 400 x 400 pixel, sama persis seperti milik Asus ZenWatch 3.

Meskipun tidak dibekali konektivitas seluler, smartwatch ini masih bisa dipakai untuk menerima atau melakukan panggilan telepon berkat mikrofon dan speaker terintegrasi. Selebihnya, Movetime siap memonitor bermacam data, mulai dari jumlah langkah kaki, kalori yang terbakar, jarak tempuh, durasi, laju jantung, bahkan asupan air dan kafein.

Movetime WiFi Watch memiliki desain yang simpel nan elegan layaknya jam tangan tradisional / Alcatel

Seperti smartwatch perdananya, Alcatel OneTouch Watch, Movetime WiFi juga menjalankan OS bikinan Alcatel sendiri. Pun begitu, smartwatch ini masih mendukung navigasi berbasis gesture seperti smartwatch Android Wear.

Movetime WiFi Watch rencananya akan dipasarkan mulai akhir bulan ini seharga €169. Pilihan warna yang tersedia adalah silver, abu-abu dan emas.

Moveband

Moveband di sisi lain merupakan sebuah activity tracker sederhana yang siap memonitor berbagai kegiatan fisik pengguna, termasuk halnya pola tidur. Fitur notifikasi turut didukung, dan waktu charging-nya diperkirakan tidak lebih dari dua jam – daya tahannya sendiri tidak diungkapkan.

Moveband rencananya akan dipasarkan dalam wujud bundel bersama smartphone Alcatel.

Movetrack

Bentuk Alcatel Movetrack yang mungil membuatnya ideal untuk mengamankan barang-barang seperti kumpulan kunci / Alcatel

Kalau dua perangkat di atas lebih ditujukan untuk menemani pengguna setiap saat, Movetrack didesain untuk menjadi pendamping barang-barang penting milik pengguna, seperti kunci atau tas koper saat bepergian. Yup, ini merupakan sebuah GPS tracker mungil dengan bobot 33 gram, cukup ringan untuk bisa dicantolkan pada collar anjing atau kucing kesayangan.

Movetrack juga mendukung fitur geofencing, dimana pengguna bisa menetapkan pagar virtual sehingga notifikasi akan dikirimkan ketika benda-benda yang dipasangi Movetrack tadi masuk atau keluar dari 'zona aman'.

Move Track&Talk

Move Track&Talk punya desain colorful yang memikat di mata pengguna anak-anak / Alcatel

Masih seputar GPS tracker, Alcatel tidak lupa merancang satu untuk pengguna anak-anak dalam wujud smartwatch. Berkat perangkat bernama Move Track&Talk ini, orang tua pengguna bisa memonitor keberadaan mereka, mengirim pesan suara atau menelepon, semuanya dari satu aplikasi yang sama.

Alcatel sama sekali tidak ingin menyusahkan anak-anak dengan pengoperasian yang ribet. Itulah mengapa Move Track&Talk mampu menyimpan lima nomor speed-dial dan 10 kontak untuk kepentingan darurat. Soal baterai, perangkat ini diperkirakan bisa beroperasi selama 4 hari nonstop.

Sumber: 1, 2, 3.