1. Startup

Ali Express Bermitra dengan Pos Indonesia untuk Persingkat Waktu Pengiriman Barang

Semenjak merambah pasar Indonesia tahun lalu, AliExpress sepertinya semakin gencar berupaya untuk meningkatkan layanan mereka. Setelah merangkul DOKU sebagai partner lokal untuk payment gateway, hari ini AliExpress mengumumkan untuk semakin berkomitmen dalam meningkatkan pengalaman belanja online bagi konsumen Indonesia melalui kerja sama dengan penyedia layanan pengiriman lokal. Ali Express akan bermitra dengan Singapore Post dan mitranya di Indonesia, yaitu Pos Indonesia, di sisi logistik sebagai penyedia layanan pengiriman barang.

Saat merangkul DOKU sebagai solusi pembayaran elektronik, pembayaran di AliExpress melalui transfer ATM, Internet Banking, atau pembayaran melalui jaringan mini market masih dalam tahap pembahasan lebih lanjut. Namun kini AliExpress sudah mendukung pembayaran melalui 45.000 mesin ATM (melalui jaringan ATM bersama, Alto, dan Prima) dan Internet Banking lewat Mandiri Clickpay dan BRI e-pay--yang akan tersedia akhir bulan Februari ini. Selain itu, pengguna juga sudah dapat melakukan pembayaran secara offline di 9.000 gerai Alfa Group (Alfamart, Alfa midi, Alfa Express, DAN+DAN, dan Lawson).

Director Global Operations & Expansion Strategy AliExpress Joe Yang mengatakan, "Melalui kerja sama seperti ini, online shoppers dapat memilih jutaan produk termasuk merek Indonesia yang mereka sukai dan berbelanja online dengan mudah dan aman. Kami yakin bahwa kami dapat terus mengupayakan lingkungan belanja online yang lebih baik lagi dan dengan demikian menyediakan nilai online terbaik baik bagi online shoppers di dunia maupun di Indonesia."

Di sisi logistik AliExpress akan bekerja sama dengan Singapore Post dan Pos Indonesia sebagai penyedia layanan pengiriman barang. Dengan kerja sama ini, waktu pengiriman barang dari Tiongkok ke Jakarta dijanjikan dapat menjadi lebih cepat, yaitu dua minggu (14 hari), dibandingkan sebelumnya yang bisa mencapai 35 hari. Layanan pengiriman barang ini sendiri sebenarnya masih belum tersedia, tetapi pihak AliExpress menjanjikan akan menginformasikan tanggal peluncurannya lebih lanjut bulan ini.

Vice President for International Service of Pos Indonesia Mohamad Said Haryadi juga menyatakan pihak Pos Indonesia akan mendukung kerja sama ini dengan menyediakan 6000 kurir pos yang tersedia di seluruh kepulauan Indonesia. Untuk memantau dan melacak barang pesanan mereka, konsumen dapat mengakses bagian EMS Pos Indonesia. Pos Indonesia juga memiliki dukungan dari pihak bea cukai yang bewenang untuk menjamin proses inspeksi barang-barang online ini, sehingga prosesnya diharapkan dapat berlangsung dengan lancar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again