Tahun lalu, Alibaba sempat memamerkan salah satu visi mereka yang bertajuk “New Retail”, di mana sederhananya mereka mencoba menggabungkan kelebihan-kelebihan berbelanja secara offline dan online. Sekarang, mereka tengah mencoba membawa konsep tersebut ke ranah otomotif.

Bermitra dengan Ford, Alibaba ingin menyajikan pengalaman yang lebih mudah dalam membeli mobil. Kolaborasi mereka melahirkan Super Test-Drive Center, sebuah fasilitas di kota Guangzhou yang pada dasarnya merupakan vending machine berisikan mobil. Ya, vending machine berisi baju tidak ada apa-apanya kalau dibandingkan ini.

Fasilitas ini sejatinya dirancang agar konsumen bisa lebih mudah melakukan test drive atas mobil yang tengah diincarnya. Alibaba bilang ada lebih dari 100 mobil (dengan model yang juga beragam, termasuk sport car Ford Mustang) yang bisa dipilih oleh konsumen di fasilitas ini.

Ford Super Test-Drive Center

Prosedurnya melibatkan layanan e-commerce Tmall kepunyaan Alibaba. Dari aplikasi ponselnya, konsumen bisa memilih model mobil yang hendak dicoba, lalu menentukan waktu pengambilannya. Metode verifikasi yang dipilih adalah facial recognition, di mana ketika tiba di fasilitas, konsumen bakal dipindai wajahnya berdasarkan selfie yang diambil saat melakukan pemesanan.

Setiap sesi test drive dihargai 99 sampai 198 yuan (tergantung modelnya), dan bisa dinikmati selama tiga hari. Khusus Alibaba Super Member, mereka bisa menikmati test drive secara cuma-cuma. Sekali lagi, ini merupakan contoh perkawinan elemen offline dan online yang cukup apik.

Merasa cocok dengan mobil yang dijajal? Konsumen tinggal mengunjungi diler Ford terdekat untuk melakukan pembelian. Ke depannya, Alibaba berharap konsumen malah bisa melakukannya langsung via Tmall.

Dari sudut pandang lain, fasilitas seperti ini sejatinya juga punya potensi untuk dimanfaatkan bersama semacam layanan persewaan mobil on-demand. Saya membayangkan skenario di masa yang akan datang di mana ketimbang membeli mobil, konsumen bisa menyewa ketika membutuhkannya, dan pengambilannya bisa langsung lewat vending machine ini.

Sumber: TechCrunch dan Alizila.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.