Categories

Tips

Alternatif Mailchimp untuk Membuat Campaign Email Marketing

Avi Tejo Bhaskoro - 5 April 2021

Rekan Marketer, dikutip dari report Statista 2021, saat ini jumlah pengguna email di dunia mencapai lebih dari 4.1 miliar pengguna, dan diprediksikan pada tahun 2022 pengguna email akan meningkat ke angka 4.5 miliar pengguna. Angka ini beriringan dengan jumlah pengguna social media di 2021 yang mencapai 4.2 miliar pengguna secara keseluruhan channel.

Seperti yang kita ketahui bersama, seorang pengguna social media setidaknya memiliki satu akun email untuk melakukan registrasi, dan setiap orang minimal memiliki 3 akun social media dengan channel yang berbeda. Hal ini tentunya membuat email menjadi channel penting, terutama untuk pengguna smartphone, karena setiap pengguna smartphone pastinya membutuhkan minimal satu email untuk registrasi ke berbagai akun. Jadi, bisa dibayangkan setiap pengguna smartphone menggunakan email, dan hampir semua pengguna social media pun menggunakan email untuk registrasi.

Dikutip dari Salesforce, email menjadi channel dengan ROI tertinggi yaitu 4400% dibandingkan dengan channel lainnya. Dari fakta-fakta ini, kita bisa melihat peluang untuk memanfaatkan dan memaksimalkan email marketing sebagai channel pemasaran bisnis.

Jika biasanya kamu mendengar Mailchimp sebagai penyedia layanan email marketing, dan kamu ingin mencoba menggunakan Mailchimp. Tahan dulu!

Karena selain Mailchimp, berikut ini beberapa penyedia layanan email marketing alternatif Mailchimp yang service dan toolsnya tidak kalah canggih dari Mailchimp yang bisa kamu coba.

SendinBlue Alternatif Mailchimp

SendinBlue telah ada sejak 2012, dimulai sebagai software email blast sederhana seperti yang dapat kamu bandingkan dengan MailChimp. Saat ini SendinBlue adalah penyedia layanan email marketing yang sangat lengkap. SendinBlue memiliki desainer email drag-and-drop, statistik, email automation, template email gratis, dan juga landing page builder yang bisa kamu gunakan dengan mudah.

Selain itu, seluruh sistem SendinBlue telah didesain ulang pada tahun 2020, yang membuatnya kini lebih dan mudah digunakan untuk tahun 2021. Drag-and-drop email editor sangat responsif. Kamu juga dapat mulai membuat email dari awal atau menggunakan salah satu kategori template untuk memulai campaign dengan lebih mudah.

Apa yang banyak disukai dari SendinBlue?

SendinBlue memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan MailChimp. Dengan tools email marketing yang lengkap, marketing automation, SMS marketing, dan CRM. SendinBlue lebih mudah untuk dicoba.

Fitur Favorit Pengguna SendinBlue:

  • Template newsletter gratis dan template email builder yang responsif;
  • Membuat landing page dengan mudah menggunakan landing page maker;
  • Email automation dengan workflow termudah;
  • Integrasikan dengan tools lain melalui API;
  • CRM untuk bisnis kecil diberikan secara gratis.

Berapa biaya SendinBlue?

SendinBlue adalah email marketing software yang lebih murah daripada MailChimp. Biaya SendinBlue didasarkan pada jumlah email yang kamu kirim. Paket email gratis SendInBlue memiliki batas harian 300 email.

Tapi, jika kamu ingin mengirimkan "email blasts", SendinBlue juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Mulai dari $25 per bulan untuk pengiriman 10,000 email.

GetResponse Alternatif MailChimp

GetResponse didirikan pada tahun 1997 dan memiliki lebih dari 350.000 pelanggan email marketing. Mereka sibuk menambahkan fitur baru selama beberapa tahun terakhir, seperti automated funnels. Ini adalah satu-satunya tools email marketing yang yang juga menyertakan tools webinar.

Apa yang banyak disukai dari GetResponse?

GetResponse memiliki beberapa fitur tambahan dibandingkan dengan MailChimp. Seperti tools webinar, paket CRM pro, dan lainnya. Tools ini bisa kamu coba gratis selama 30 hari.

Fitur Favorit Pengguna GetResponse:

  • Membuat dan mengirimkan email dengan mudah dengan berbagai template yang sudah tersedia;
  • Full email marketing automation dan fitur drag & drop untuk email yang sudah di trigger;
  • Fitur webinar;
  • Akses Gratis ke galeri gambar seperti iStock.

Berapa biaya GetResponse

Jika kamu ingin mengirimkan email marketing menggunakan GetResponse, kamu bisa mencoba paket dasar dengan harga $15 per bulan dengan pengiriman 1000 kuota email, dan $65 per bulan untuk pengiriman 10.000 kuota email. Namun, jika kamu ingin mencoba tools ini terlebih dahulu, kamu bisa mencoba free trial selama 30 hari.

ActiveCampaign Alternatif MailChimp

ActiveCampaign adalah software yang berfokus pada marketing automation, email yang di trigger, dan channel marketing lainnya. Sebagai alternatif Mailchimp, kamu bisa memilih ActiveCampaign jika kebutuhan kamu adalah tools Marketing Automation, karena tidak hanya menyediakan tools email marketing, tapi juga menyediakan tools marketing automation lainnya. Selain itu, biasanya automation system lain seperti HubSpot, Pardot atau Marketo bisa sangat mahal. Harga ActiveCampaign menjadikannya solusi terbaik untuk bisnis kecil.

Apa yang banyak disukai dari ActiveCampaign?

ActiveCampaign jauh lebih canggih dan lebih baik daripada MailChimp. Dengan fitur email marketing yang lengkap, email marketing automation, dan bahkan ada fitur SMS marketing. ActiveCampaign relatif mudah digunakan untuk pemula.

Fitur segmentasi, tagging, dan conditional content membuat targeting email kamu mudah digunakan. Selain itu, fitur editor email yang bersifat drag and drop juga memudahkan pengguna dalam membuat email.

Fitur Favorit Pengguna ActiveCampaign:

  • Konten dinamis, tagging dan segmentasi membuat email lebih efektif;
  • Website tracking, yang memudahkan kamu untuk membuat trigger email berdasarkan kunjungan ke web/blog kamu;
  • Komunitas yang sangat membantu dalam pembuatan funnel;
  • Pembaruan fitur yang cukup sering dan menarik;
  • Email automation yang mudah digunakan.

Berapa biaya ActiveCampaign?

Jika kamu membandingkan Mailchimp vs ActiveCampaign pada harga, itu seperti apel vs jeruk. Tetapi paket ActiveCampaign Lite paling mendekati fitur MailChimp, yaitu $25 per bulan untuk pengiriman email ke 1000 kontak.

MTARGET Alternatif Mailchimp

MTARGET adalah marketing automation tools # 1 di Indonesia yang membantu bisnis menjadi lebih personal dengan pelanggan. Mulai dari gathering lead generation hingga customer retention, yang dapat dilakukan dengan satu tools dengan mudah.

Fitur MTARGET dirancang untuk mengoptimalkan kegiatan marketing dengan lebih mudah, efektif, dan terjangkau. Saat ini MTARGET digunakan dan dipercaya oleh banyak perusahaan dari berbagai industri dan skala di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Fitur Favorit Pengguna MTARGET

  • Email marketing automation yang mudah digunakan;
  • Interaktif form;
  • Landing page builder;
  • Transactional email;
  • Advance segmentation;
  • Integrasi dengan berbagai platform lain seperti, Zapier, WIX, Google Analytic, dsb.

Berapa biaya MTARGET?

Jika dibandingkan dengan Mailchimp, dari segi harga dan service MTARGET jauh lebih terjangkau dan service jauh lebih baik, karena customer service MTARGET aktif 24/7. Sehingga ketika pengguna MTARGET mengalami kendala terkait dengan service maupun fitur, bisa langsung menghubungi tim melalui live chat di MTARGET. Untuk bisa menggunakan fitur berbayar MTARGET, kamu bisa mulai dengan paket Lite dengan harga IDR 200.000 per bulan dengan kuota pengiriman 7.500 email. Atau jika kamu belum siap menggunakan paket berbayar, kamu bisa mencoba free trial selama 7 hari dengan kuota pengiriman 1000 email.

Omnisend Alternatif MailChimp

Omnisend adalah pesaing Mailchimp yang dibangun dengan mempertimbangkan segmen e-commerce. Layanan email Omnisend menawarkan banyak workflow untuk toko online seperti browse abandonment, cart recovery, order confirmations, dan lainnya. Menjadikannya sangat menarik bagi pengguna Shopify, BigCommerce, WooCommerce, Magento, dll.

Kamu dapat menyegmentasikan dan mempersonalisasi pesan kamu hingga ke detail terakhir berdasarkan profil pelanggan, campaign klik, dan e-shop behavior. Misalnya mengirim follow up kupon, kunjungan situs terakhir, dll.

Apa yang banyak disukai dari Omnisend:

  • Email marketing terbaik untuk e-commerce;
  • Fitur kupon, card, dan dan pembuatan pilihan roda putar;
  • Rekomendasi produk otomatis;
  • Pemilih produk dan template pembuatan email sangat sederhana;
  • Semua channel dalam satu alur kerja termasuk SMS, Sosial, Push, Retargeting Iklan, dan Email.

Special highlight:

Fitur product picker Omnisend sangat diminati oleh penggunanya, karena dengan cepat menyusun newsletter based on produk kamu. Ketika kamu memilih produk dari salah satu toko online, Omnisend akan langsung menampilkan semua gambar, detail, dan harga terkait produk yang kamu cari di toko online melalui email. Dengan produk rekomendasi yang di setting secara otomatis menaikkan conversion rates email kamu.

Berapa biaya Omnisend?

Omnisend adalah alternatif Mailchimp yang sangat terjangkau. Omnisend menawarkan paket gratis hingga 2000 email per hari, dan paket berbayar mulai dari $16 per bulan dengan kuota pengiriman 15.000 email.

Sekarang, apa alternatif Mailchimp terbaik untuk kebutuhan campaign kamu?

MailChimp adalah email marketing solutions yang populer karena suatu alasan, tetapi seperti yang telah kita lihat, ada tools dan perusahaan serupa seperti MailChimp yang merupakan opsi yang lebih baik untuk berbagai kasus penggunaan. Dengan adanya tools alternatif Mailchimp ini, kamu dapat mempertimbangkan tools mana yang paling cocok untuk kebutuhan campaign marketing kamu.

Selain itu, buat kamu yang ingin mendapatkan tips dan trik menarik seputar email marketing dan digital marketing? Kunjungi blog kami di blog.mtarget.co. atau ingin memulai campaign email marketing dengan MTARGET, segera daftarkan diri kamu melalui mtarget.co kamu juga bisa subscribe newsletter kami di sini dan jangan lupa bergabung di channel Telegram MTARGET untuk informasi lainnya seputar MTARGET dan berita-berita terbaru.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter