Amartha Jalin Kerja Sama Strategis dengan Jamkrindo

Amartha Jalin Kerja Sama Strategis dengan Jamkrindo

Kerja sama ini diharap bisa memberikan keamanan bagi investor dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan P2P lending
Acara penandatanganan kesepakatan Amartha dan Jamkrindo / Amartha
Acara penandatanganan kesepakatan Amartha dan Jamkrindo / Amartha

Amartha mengumumkan telah bekerja sama dengan BUMN penjamin kredit mikro Perum Jamkrindo. Jamkrindo sendiri diberi mandat oleh pemerintah untuk menjamin kredit dan pembiayaan termasuk transaksi finansial khususnya untuk segmen UMKM dan mikro, segmen yang sama dengan fokus pembiayaan Amartha. Kerja sama ini akan dijalin untuk memberi keamanan lebih bagi investor Amartha, termasuk di dalamnya untuk meningkatkan kepercayaan publik untuk bisa memanfaatkan layanan atau platform peer to peer lending (P2P) di Indonesia.

Menanggapi kerja sama yang terjalin ini Direktur Bisnis Jamkrindo yang diwakili oleh Direktur Bisnis Baki Prasetyo menyampaikan bahwa kerja sama dengan Amartha adalah salah satu bukti bahwa Jamkrindo turut serta dan mengikuti perkembangan teknologi.

“Kerja sama dengan Amartha merupakan peluang yang sangat bagus karena Jamkrindo ingin senantiasa mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, khususnya teknologi yang dapat memberi manfaat pada masyarakat unbanked,” terang Bakti.

Amrtha sendiri mengklaim diri sebagai satu-satunya platform P2P di Indonesia yang menyalurkan pendanaannya pada masyarakat pra-sejahtera dan unbanked di pelosok Indonesia. Hal ini disebut mampu menciptakan inklusi dan literasi keuangan. Dengan menggunakan pendekatan dan pendampingan dan pembiayaan berbasis kelompok yang dilengkapi dengan sistem tanggung rentang Amartha disebut mampu menjaga tingkat gagal bayar hingga 0% sepanjang beroperasi.

Dengan kerja sama dengan Jamkrindo Amartha ingin memastikan bahwa risiko investasi di Amartha telah dikelola dengan sangat baik dengan proteksi yang berlapis, mulai dari ikatan sosial hingga penjaminan kredit jika terjadi gagal bayar.

“Bagi Amartha, kerja sama ini merupakan milestone yang akan memacu Amartha untuk tumbuh dan melayani lebih banyak masyarakat unbanked di Indonesia. Selama ini kita tahu, mereka sulit mendapatkan pinjaman karena tidak memiliki kelayakan kredit. Dan untuk itulah Amartha hadir mempertemukan mereka dengan investor yang mau berinvestasi sekaligus memberikan dampak sosial. Dengan penjaminan kredit ini maka investor akan semakin percaya dan tidak khawatir untuk menyalurkan dananya melalui Amartha,” terang Founder sekaligus CEO Amartha Andi Taufan menanggapi kerja sama ini.

Dengan strategi dan langkah kerja sama yang diambil Amartha mengungkapkan pihaknya ingin turut mendorong suburnya ekosistem teknologi finansial di Indonesia. Hal ini diharapkan akan dapat meningkatkan minat publik dalam berinvestasi pada UMKM dan mikro melalui layanan teknologi finansial peminjaman.

“Saat ini masyarakat sudah tidak perlu khawatir lagi berinvestasi melalui platform fintech lending. Dengan skema penjaminan seperti ini, Jamkrindo dan Amartha telah menciptakan sebuah standar baru bagi industri fintech lending di Indonesia. Menciptakan ekosistem yang aman dan terpercaya, didukung BUMN terbesar di bidangnya, untuk mencapai inklusi keuangan dan kesejahteraan yang lebih merata” tutup Taufan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…