Categories

Gadget

Amazefit Adalah ‘Sepupu’ dari Fitness Tracker Xiaomi Mi Band

Glenn Kaonang - 21 September 2015

Debut Xiaomi di kancah wearable cukup fenomenal. Seperti yang kita tahu, Xiaomi Mi Band berhasil terjual lebih dari 1 juta unit hanya dalam jangka waktu 3 bulan. Tentu saja salah satu faktor yang paling berpengaruh atas kesuksesan tersebut adalah harganya, yang begitu murah di angka $13.

Kini, lebih dari setahun sejak Mi Band diungkap, suksesornya rupanya masih belum muncul juga. Malahan lahir sebuah fitness tracker baru bernama Amazefit yang dibuat oleh Huami Technology, yang tidak lain merupakan pabrik yang dipercaya Xiaomi untuk memproduksi Mi Band – Xiaomi sendiri merupakan investor dari Huami Technology.

Apakah Xiaomi terlibat dalam proses perancangan Amazefit? Belum ada info yang bisa mengonfirmasinya. Terlepas dari itu, Amazefit sendiri merupakan perangkat yang menarik. Bentuknya tidak umum, menyerupai donat mini yang menyambung ke strap dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pengguna bebas mengenakannya di pergelangan tangan atau dikalungkan di leher.

Info menarik: Apple Watch Kini Hadir dalam Sentuhan Mewah Hermes dan Disertai OS Baru

Meski sedikit nyentrik, Amazefit menggunakan material keramik zirconia yang mewah sekaligus sangat kokoh. Ketahanan air tentu saja hadir, dengan sertifikasi IP68, sedangkan baterainya hanya memiliki kapasitas 15 mAh saja. Pun demikian, Huami mengklaim Amazefit bisa beroperasi hingga 10 hari, dan telah mendukung wireless charging.

Soal fungsi, Amazefit dirancang untuk memonitor aktivitas fisik, kualitas tidur dan meneruskan notifikasi panggilan telepon atau alarm lewat getaran. Yang cukup menarik, perangkat ini diklaim juga bisa mengontrol berbagai perangkat smart home. Berdasarkan informasi di situsnya, salah satu contoh skenarionya adalah mematikan bohlam pintar secara otomatis ketika pengguna terlelap.

Dibandingkan Mi Band, material dan harga Amazefit jauh lebih premium. Saat ini ia baru dipasarkan di Tiongkok saja seharga 299 yuan, atau kurang lebih sekitar Rp 700 ribu. Sayang belum ada info soal ketersediaannya di negara-negara lain.

Sumber: Ubergizmo dan Xiaomi Today.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter