5 October 2018

by Glenn Kaonang

Lebih dari Satu Skill Amazon Alexa Kini Bisa Bekerja Bersama dalam Satu Kesempatan

Dengan satu perintah suara, pengguna bisa mengaktifkan skill untuk mencari resep masakan sekaligus untuk mencetaknya di atas kertas

Salah satu nilai jual utama Alexa adalah integrasinya dengan segudang aplikasi dan layanan, yang Amazon sebut dengan istilah "Skills" ("Actions" untuk Google Assistant). Selama ini, Alexa hanya bisa menjalankan satu skill dalam satu kesempatan, tapi ke depannya ini bakal berubah.

Kepada para developer, Amazon baru saja mengumumkan Skill Connections, yang pada dasarnya memungkinkan lebih dari satu skill untuk bekerja bersama-sama. Amazon mencontohkan seperti ini: skill Allrecipes dapat bekerja bersama skill HP Printer untuk mencetak resep masakan buat pengguna.

Premis yang ditawarkan Amazon adalah, pengguna tidak perlu mengaktifkan beberapa skill secara terpisah untuk menyelesaikan satu tugas. Kalau dari contoh di atas, tugasnya adalah mencetak resep masakan, tapi sebelumnya pengguna harus mencarinya lebih dulu dari Allrecipes. Berkat fitur baru ini, semuanya bisa diselesaikan dengan satu perintah suara.

HP Tango, printer dengan integrasi Alexa secara langsung / HP

Contoh lainnya, semisal pengguna menggunakan skill untuk membeli tiket konser di hari H, selanjutnya skill untuk memesan taksi online bakal otomatis aktif, dan pengguna tidak perlu lagi menentukan alamat tujuannya (karena datanya sudah disediakan oleh skill pembeli tiket itu tadi).

Meski kedengarannya potensial, di masa percobaan ini Amazon baru membatasinya untuk tiga jenis tugas saja, yaitu mencetak, membuat reservasi, dan memesan kendaraan. Tiga tugas itu untuk sementara diwakili oleh skill HP Printer, skill OpenTable dan skill Uber.

Berhubung masih uji coba, Amazon pun belum membuka aksesnya ke semua developer. Developer yang tertarik harus merincikan terlebih dulu 'kolaborasi' seperti apa yang mungkin diwujudkan oleh skill-nya masing-masing dengan ketiga skill di atas.

Sumber: TechCrunch dan Amazon.