19 April 2018

by Bambang Winarso

Amazon Luncurkan Peramban Super Ringan, Hanya Berukuran 2MB

Peramban diberinama Internet, mempunyai interface cukup baik dan fitur standar yang paling dibutuhkan pengguna

Tanpa tanda-tanda sebelumnya, toko retail terbesar di dunia Amazon tiba-tiba secara mengejutkan merilis sebuah aplikasi peramban bernama Internet. Dikutip dari GSMArena, bahwa aplikasi Internet ini dirancang untuk perangkat murah entry level yang mempunyai spesifikasi minimalis. Ketersediaan peramban ini juga terbatas baru di kawasan India yang memang merupakan salah satu pasar dengan perangkat entry level terbesar saat ini.

Berbanding lurus dengan perangkat yang disasar, peramban Internet juga memiliki fitur dan interface yang minimalis namun dengan fitur yang memang paling dibutuhkan oleh pengguna. Di bagian depan, peramban mengikuti apa yang dilakukan oleh sebagian besar peramban di mana tampak sederet berita-berita terbaru dari berbagai topik dan media. Di bawah address bar tampak pula beberapa ikon shortcut yang mestinya bisa dimodifikasi sesuai preferensi penggunanya.

Besaran file yang dibebankan oleh Internet ke perangkat Android pengunduhnya hanya sebesar 2MB. Pun demikian, Amazon tetap menyertai perambannya dengan fitur private browsing dan juga dukungan multiple tab meskipun untuk saat ini kemampuan multi-tasking perangkat bakal memegang peranan lebih penting. Bahkan Internet juga menyediakan fitur pratinjau tab yang memudahkan pengguna untuk melihat sekilas isi web di setiap tab yang terbuka. Kemudian ada juga fitur automatic full screen yang akan sangat berguna di perangkat dengan layar berukuran mungil.

Ketersediaan saat ini tampaknya masih jadi penghalang bagi pengguna Android untuk mengunduh peramban Internet, bahkan mereka yang berdomisili di India. Pasalnya, meski dipastikan kebagian jatah lebih dulu, tidak semua perangkat Android di sana bisa menjalankan peramban. Sayangnya, belum ada kejelasan apakah situasi ini hanya sementara sampai versi yang lebih sempurna tiba atau selamanya.

Sumber berita GSMArena.

Application Information Will Show Up Here