Categories

Gadget

AMD Bawa GPU Radeon Generasi Baru ke Indonesia, Sambut Era Gaming Masa Depan

Yoga Wisesa - 30 June 2015

Pertengahan tahun ini ialah momen AMD untuk bersinar. Berkolaborasi dengan tim PC Gamer, mereka adakan talkshow perdana khusus membahas PC gaming di ajang E3 2015. Dan kabar gembira bagi para pemerhati teknologi grafis nusantara. Pada penghujung Juni, perusahaan asal  Sunnyvale itu membawa hampir seluruh produk anyar mereka ke Indonesia.

Konferensi pers yang mereka laksanakan di Jakarta pada dasarnya merupakan peluncuran jajaran kartu grafis baru di keluarga R7 300 hingga R9 Fury X – sebagai varian top-of-the-line. Namun event kemarin tidak sekedar pengenalan produk dan fitur. Tim AMD tak lupa turut memperlihatkan sedikit visi dan gambaran mereka mengenai kegiatan gaming di masa depan. GPU-GPU tersebut dibawa untuk mengisi lini berbeda, dari entry-level sampai kelas antusias.

Artinya AMD telah menyiapkan opsi bagi semua kalangan. Mari kita bahas dari strata pertama terlebih dahulu: Radeon Seri R7 300. Buat 28 juta gamer aktif di Indonesia, maka R7 300 adalah pilihan esensial yang patut dipertimbangkan. AMD meraciknya untuk menangani permainan-permainan online populer, dijanjikan tidak akan kesulitan mengangkat game hingga resolusi 1080p dan 1440p di 60 frame rate.

Info menarik: PC Mungil AMD Project Quantum Ditenagai Dua GPU High-End

AMD melampirkan sebuah fitur bernama Virtual Super Resolution. Cara operasinya mirip DSR Nvidia, VSR akan me-render game di atas resolusi native kemudian menurunkannya supaya muat di layar. Kualitas gambar jadi lebih meningkat meskipun menuntut lebih banyak tenaga. Radeon Seri R7 300 juga dirancang agar kompatibel ke API next-gen semisal DirectX 12, OpenGL 4.5, dan Vulkan.

Naik satu level, dan Anda langsung menemukan Radeon R9 300. Misi AMD terbilang sederhana, yaitu menyuguhkan grafis istimewa dan menopang gaming di resolusi 4K. Fitur VSR membuat 1080p sanggup mengejar mutu 4K. Dan di tingkatan inilah virtual reality dapat dihindangkan secara mulus berkat teknologi LiquidVR yang dikhususkan pada sistem PC dengan sepasang kartu grafis.

Selain kompatibilitas API yang telah disebutkan sebelumnya, AMD mencantelkan AMD FreeSync. Lagi-lagi fungsinya menyerupai G-Sync dari Nvidia: mensinkronisasi monitor dengan tenaga kartu grafis (GPU mengendalikan display), sehingga permainan berjalan lebih mulus, tak ada lagi istilah stuttering. FreeSync dirancang buat satu layar tunggal maupun konfigurasi multi-display lewat AMD Eyefinity.

Di hierarki paling tinggi, duduklah Radeon R9 Fury X. AMD mengklaim bahwa inilah GPU tercanggih yang pernah mereka ciptakan untuk pasar antusias. Penampilannya unik, terdiri dari dua kompartemen terpisah. Bagian pertama adalah area pengolahan grafis dengan arsitektur Fiji dan integrasi High-Bandwith Memory (HBM). Kemudian satunya lagi merupakan unit pendingin berbasis cairan. Semua dibungkus dalam eksoskeleton aluminium black-nickel.

Faktor spesial dalam R9 Fury X ialah kehadiran High-Bandwith Memory, sebuah chip memori revolusioner yang menuntut lebih sedikit ruang dan konsumsi daya. Chip memory ditumpuk secara vertikal mirip gedung bertingkat. Teknik ini mengurangi jeda waktu yang dibutuhkan informasi buat terkumpul. Meski tumpukan HBM tidak terintegrasi secara fisik ke GPU atau CPU, sambungan super-cepat ‘interposer‘ menyebabkan karakteristiknya hampir serupa dengan RAM on-chip.

High-Bandwith Memory terhitung mempunyai bandwith 60 persen lebih tinggi dari GDDR5 melalui interfacememory bus 4096-bit – belum pernah ada sebelumnya. Tak cuma kinerja per Watt jadi terdongkrak tiga kali lipat, luas printed circuit board juga menyusut sampai 30 persen dibanding Radeon R9 290, sepanjang 19 cm. Dampaknya, PC berukuran kecil bisa menyimpan performa gaming ganas.

Info menarik: Lenovo Gagas Reinkarnasi ThinkPad Jadul yang Dijejali Teknologi Terkini

AMD turut mengungkap kolaborasi mereka bersama para raksasa di industri teknologi dan gaming. Mereka didukung penuh oleh Microsoft, Electronic Arts dan Oculus VR. Beberapa buah trailer yang dipamerkan di acara tersebut menunjukkan judul-judul baru seperti Deus Ex: Mankind Divided sampai Star Wars: Battlefront akan memperoleh dukungan teknologi AMD.

Berdasarkan press release, GPU Radeon R9 Fury X, R9 300 dan R7 300 telah tersedia di Indonesia, sementara Radeon R9 Fury (versi water-cooled maupun air-cooled) dijadwalkan buat mendarat mulai 14 Juli. Lalu setelah itu, AMD Radeon Nano segera menyusul pada triwulan ketiga 2015. Daftar harga dapat dilihat di bawah:

  • AMD Radeon R9 Fury X – US$ 650
  • AMD Radeon R9 390X – US$ 430
  • AMD Radeon R9 390 – US$ 330
  • AMD Radeon R9 380 – US$ 200
  • AMD Radeon R7 370 – US$ 150
  • AMD Radeon R7 360 – US$ 110

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter