Categories

Gadget

AMD Resmi Umumkan Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series di Indonesia

Produk berbasis AMD Ryzen 5000 series juga telah tersedia di Indonesia, termasuk dari Acer, ASUS, HP, dan Lenovo

Lukman Azis - 1 April 2021

AMD telah resmi meluncurkan Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series di Indonesia, dalam acara virtual bertajuk ‘Power Your Next yang mengajak langsung para penonton untuk berinteraksi dan mengeksplor produk-produk terbaru AMD secara virtual interaktif. Secara global, AMD pertama kali memperkenalkan Prosesor Mobile dengan desain arsitektur 7nm ‘Zen 3’ yang efisien dan sekaligus bertenaga dalam Keynote CES 2021.

Selain membawa peningkatan performa yang signifikan, Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series juga menawarkan masa pakai baterai panjang untuk para gamer, kreator, dan profesional. Mencakup prosesor seri H dan ultra-mobile U-Series.

AMD-RYZEN-5000---2

Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 H-Series hadir hingga 8 core dan 16 thread yang dibangun di atas arsitektur terbaru AMD 7nm ‘Zen 3’ yang ditujukan untuk para antusias gamer atau creator yang menghadirkan pengalaman bermain game dengan frame rate tinggi, multitasking cepat, dan ketahanan baterai yang panjang.

AMD juga menghadirkan prosesor mobile tertinggi seri HX yaitu Ryzen 9 5980HX dan Ryzen 5900HX yang merupakan prosesor mobile unlocked. Di mana memiliki opsi pengaturan manual untuk clock speed dengan kecepatan maksimal boost clock-nya hingga 4.8GHz dengan TDP 45W+.

Prosesor AMD Ryzen 9 5980HX yang baru mampu meningkatkan performa single-thread hingga 23% dan performa multi-thread hingga 17% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Menjadikannya solusi ideal untuk laptop gaming dan pro kreator.

Sementara itu, AMD juga turut serta menghadirkan prosesor HS dengan daya yang lebih rendah 35w namun dengan performa dan efisiensi yang optimal. Prosesor HS sangat cocok untuk laptop gaming yang compact, lebih tipis dan ringan.

Untuk konsumen mainstream yang mencari performa saat bepergian dan di mana saja, Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 U-Series menawarkan perpaduan antara performa dan efisiensi daya yang cukup optimal untuk laptop tipis dan ringan.

Lebih lanjut, prosesor AMD Ryzen 7 5800U yang baru memberikan performa single-thread hingga 16% lebih baik dan performa multithread hingga 14% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Daya tahan baterai hingga 17,5 jam dan pemutaran film hingga 21 jam dengan sekali pengisian daya.

Saat ini, produk laptop berbasis AMD Ryzen 5000 series mobile processor telah tersedia di pasar Indonesia. Meliputi Acer dengan Aspire 5, Swift 3, Swift X, Spin 5, dan Nitro 5. Lalu, ASUS dengan VivoBook S14/S15, VivoBook Flip 14, ROG Flox X13, dan ROG Zephyrus Duo 15 SE. Sementara, dari HP termasuk Pavilion 14 dan laptop gaming OMEN 15. Lalu, dari Lenovo ada Legion 5 Pro, Legion 7, Yoga Slim 7 Pro, dan Yoga 6.

Dari sisi global, AMD mencatat peningkatan penjualan sampai dengan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sementara di Indonesia, AMD mencatat peningkatan marketshare setiap tahun, mulai dari tahun 2017 secara berturut-turut sampai pada 2020 dengan total peningkatan market share sebesar 15 poin.

Pada tahun 2021 ini platform-platform yang dijual di pasar akan meningkat 50% lebih banyak. Tahun ini jumlah laptop gaming yang menggunakan Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series akan meningkat dua kali lipat dibanding yang ditemukan pada tahun lalu. Laptop gaming tersebut akan dipasangkan dengan kartu grafis flagship dari GeForce maupun dari Radeon, juga akan hadir laptop pertama AMD dengan layar OLED, dan mendukung WiFi 6.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id