27 January 2015

by Glenn Kaonang

AMPL SmartBag, Tas Ransel Pintar Sekaligus Power Bank Raksasa

Menyimpan sekaligus mengisi baterai smartphone sudah bisa dilakukan secara bersamaan oleh pouch berteknologi wireless charging bernama Ampere. Bagaimana dengan laptop? Kemarin kita baru saja berjumpa dengan power bank untuk laptop, namun adakah pemasok energi sekaligus ‘rumah’ untuk laptop?

Ada, yaitu tas ransel. Tas ransel dengan baterai terintegrasi sebenarnya bukan barang yang baru di tahun 2015 ini. Akan tetapi, tas milik AMPL Labs berikut menawarkan lebih dari sekedar perlindungan plus pasokan daya untuk beragam gadget.

Dinamai SmartBag, keunggulan utama tas ransel ini terletak pada layar OLED dengan kontrol sentuh di bagian depannya. SmartBag mampu memonitor proses pengisian baterai dari gadget-gadget yang sedang bermukim di dalamnya.

 

Info menarik: Ampere, Power Bank Plus Wireless Charger Jadi Satu

 

Lebih lanjut, AMPL SmartBag juga dilengkapi konektivitas Bluetooth untuk disambungkan ke smartphone Anda. Memanfaatkan aplikasi di smartphone, Anda tidak perlu mengintip isi tas untuk mengetahui status baterai dari setiap perangkat. Selain itu, Anda juga bisa mengatur prioritas pengisian baterai dari masing-masing perangkat.

Sejumlah sensor juga telah ditanamkan ke dalam SmartBag sehingga Anda bisa memonitor lebih dari sekedar proses pengisian baterai. Menggunakan aplikasi yang sama, Anda bisa memonitor suhu dan kelembaban di dalam tas sehingga Anda bisa segera bertindak ketika, misalnya, smartphone Anda hampir mendidih akibat cuaca luar yang amat panas.

Terakhir dan yang menurut saya paling menarik adalah ‘kesetiaan’ SmartBag pada pemiliknya. Saat menyambung dengan smartphone via Bluetooth, SmartBag dapat memberikan peringatan kala Anda berada terlalu jauh darinya via notifikasi di smartphone.

 

Info menarik: Colokan Listrik Tak Tersedia? Lifepower A2 Siap Isi Ulang Baterai Laptop Anda

 

Kapasitas baterai SmartBag sendiri sejatinya cukup melimpah. Sebuah baterai lithium-polymer berdaya 5.000 mAh miliknya bisa mengisi baterai mayoritas smartphone hingga penuh sebanyak dua sampai tiga kali. Ia mampu mengisi baterai hingga tujuh perangkat sekaligus lewat tujuh sambungan USB-nya.

Untuk mengisi baterai laptop, SmartBag memerlukan komponen ekstra bernama SmartInverter yang dijual terpisah. Komponen ini hadir bersama baterai tambahan Laptop Boost 15.000 mAh yang dijual dalam satu paket seharga $179 (Rp 2,25 juta).

Secara total Anda bisa menyelipkan hingga tiga baterai tambahan, baik itu baterai Laptoop Boost tadi atau Tablet Boost 5.000mAh yang dijual seharga US$ 59 (Rp 740 ribu). Sistem manajemen daya milik SmartBag diklaim mampu memberikan pasokan daya secara cepat dan stabil.

Dari sisi tas sendiri, SmartBag memiliki kapasitas sekitar 29 liter, dengan satu kompartemen untuk laptop. Bahannya menggunakan polyester dengan lapisan tahan air.

AMPL SmartBag akan dipasarkan seharga $299 (Rp 3,75 juta) untuk satu unit baterai. Anda masih harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk menjadikannya power bank raksasa dengan tiga baterai tambahan yang telah disebutkan tadi.

Sumber: AMPL Labs via Clapway.