1. Lifestyle

Analis: Penjualan PlayStation 4 Akan Mengalahkan Xbox One

Klaim pada judul di atas tentu saja akan memperpanas perang fanboy yang sudah belasan tahun tak kunjung memadam. Namun hal inilah yang diprediksi oleh para analis IHS profesional berdasarkan press release yang mereka berikan pada VG247. Apa alasan mereka berpendapat demikian?

Menurut IHS walaupun kedua console ini dirilis di waktu yang hampir bersamaan - baik PS2 dan Xbox ataupun PS3 dan Xbox 360 diluncurkan di saat yang berbeda - namun mereka ditujukan dengan strategi pasar yang berbeda. "Strategi penempatan Sony semenjak PlayStation 4 diumumkan selalu dikonsentrasikan ke gamer, Microsoft sendiri menggunakan strategi yang lebih lebar dengan menyajikan kombinasi model hiburan dan kemampuan berbeda," jelas IHS.

Mereka melanjutkan, "Pendekatan yang berbeda ini akan mempengaruhi pilihan calon konsumen awal. Kekuatan title-title eksklusif juga akan menjadi kunci penting; saat ini IHS percaya bahwa game-game eksklusif Xbox One lebih tangguh dibanding sang kompetitor namun ditujukan untuk target konsumen yang lebih luas, khususnya saat awal diluncurkan."

Menurut prespektif IHS, faktor geografis juga sangat penting mengingat warisan yang ditinggalkan console pendahulunya. Itu berarti seperti yang pernah terjadi, penjualan PlayStation 4 akan lebih kuat di wilayah Eropa, Inggris Raya dan Jepang dan Microsoft Xbox One akan tetap mendominasi Amerika Serikat.

Namun tentu saja ada faktor harga yang mempengaruhi pilihan konsumen. IHS beropini bahwa Sony membanderol PS4 dengan harga yang sangat kompetitif dan langkah mereka untuk 'menunda' peluncurannya di Jepang merupakan taktik cerdas. Mengapa? Karena konsumen Jepang sendiri lebih tergila-gila pada console gaming handheld dan Nintendo baru saja merilis 2DS 12 Oktober lalu. Mereka menunggu agar momentum penjualan mereka menurut kemudian baru merilis console ini di Jepang.

Berdasarkan kompilasi seluruh faktor tersebut, IHS menyimpulkan bahwa PlayStation 4 akan terjual sebanyak 2,4 juta unit di akhir 2013 dengan Xbox One sebanyak 2,2 unit. IHS juga tidak lupa memberikan prakiraan jangka panjang: mereka menganalisa bahwa di akhir 2017 PlayStation 4 akan laris sebanyak 49 juta unit, dengan Xbox One berada dibelakangnya dengan 38 juta unit - namun dengan penjualan game yang tidak kalah besar.

Apakah perhitungan ini akan tepat? Kita hanya bisa menunggu. Trenologi sebelumnya juga sudah membahas perbandingan spesifikasi Xbox One dan juga PS4. Sekarang pertanyaan untuk Anda: Xbox One, atau PlayStation 4?

Gambar header: gadgmatic.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again