Categories

Gadget

Analis: Tidak Akan Ada PlayStation 5 Sampai Tahun 2020

Minggu lalu, website SemiAccurate mengklaim bahwa mereka berhasil memperoleh detail mengenai console game Sony generasi berikutnya.

Yoga Wisesa - 10 April 2018

Terlepas dari kemudahan pemakaiannya, siklus hidup yang terbatas dan tak adanya kesempatan untuk meng-upgrade hardware adalah kelemahan terbesar console dibanding PC. Kehadiran PlayStation 4 Pro dan Xbox One X memang memperpanjang umurnya, tapi kehadiran dua versi baru console generasi kedelapan itu tidak bisa menghentikan hal yang tak terelakkan.

Minggu lalu, website SemiAccurate mengklaim bahwa mereka berhasil memperoleh detail mengenai sistem game Sony selanjutnya. Kabarnya, sang penulis telah mendapatkan info soal susunan hardware serta memprediksi kapan tepatnya sang console maker Jepang itu meluncurkannya: boleh jadi di musim liburan 2018 atau awal 2019. Console anyar itu dikatakan diramu untuk menangani konten VR lebih baik dari pendahulunya.

Namun analis Michael Pachter dari Wedbush Securities punya pendapat berbeda. Menurutnya, kemungkinan Sony akan melepas PlayStation '5' di waktu dekat sangatlah kecil. Berdasarkan perhitungannya, hanya ada peluang 25 persen bagi sang perusahaan melepas hardware baru itu di 2019. Persentasenya meningkat jadi 75 persen di tahun 2020. Meski begitu, Pachter tidak bilang bahwa kita tak akan kedatangan PS5 di tahun ini.

Selama dua generasi console, Sony memanfaatkan ajang E3 sebagai tempat penyingkapan platform permainan baru mereka. Tapi kurang dari dua bulan menjelang E3 2018, belum ada rumor ataupun laporan yang betul-betul meyakinkan terkait eksistensi PlayStation 5. Kemungkinan lainnya: Sony berhasil menjaga rahasia pengembangannya. Saya hanya penasaran seperti apa perasaan mereka yang baru membeli PS4 Pro saat mendengar produsen tengah mengembangkan console next-gen.

Berdasarkan laporan SemiAccurate, PlayStation 5 akan kembali diotaki APU AMD, kali berisi CPU Zen 8-core dan GPU berbasis arsitektur Navi. Selain itu, Sony dirumorkan telah mengirimkan unit development kit console ini ke sejumlah developer game. SemiAccurate juga menyebutkan bahwa sistem ini dioptimalkan buat VR, boleh jadi kompatibel dengan unit PSVR yang ada sebelumnya.

Belakang, momentum penjualan PlayStation 4 memang menurun tipis, namun saya memperkirakan angkanya akan kembali naik saat game-game blockbuster eksklusif seperti The Last of Us Part II, Death Stranding, Ghost of Tsushima, serta Days Gone dirilis. Tak ada alasan kuat bagi Sony untuk buru-buru melepas penerus current-gen console-nya.

Menakar dari umur PS3, sistem last-gen tersebut mempunyai siklus hidup selama kurang lebih tujuh tahun (hingga PlayStation 4 meluncur). PS4 sendiri lahir di tahun 2013, itu artinya baru akan menyamai umur PlayStation 3 di 2020.

Via Metro.co.uk. Sumber: WCCFTech.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter