Categories

Interview

Analisa.io Luncurkan Fitur Analisis Tiktok

Mencoba memanfaatkan momentum Tiktok yang tengah booming untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis

Prayogo Ryza - 24 April 2020

Sebagai platform yang menawarkan layanan analisis media sosial, Analisa.io sadar betul persaingan tidak hanya di ranah lokal tetapi juga global. Hal tersebut bisa diartikan juga bahwa mereka memiliki peluang untuk menggaet klien dari kancah internasional. Untuk terus relevan, perusahaan meluncurkan inovasi berbentuk dasbor analisis Tiktok.

Seperti yang kita tahu Tiktok cukup ramai digunakan masyarakat Indonesia. Brand dan perusahaan pun mulai banyak menjalankan kampanye pemasaran mereka di platform ini. Momentum inilah yang coba dimanfaatkan perusahaan

“[…] Kita meluncurkan Tiktok Analytics, dan kita adalah perusahaan pertama di dunia yang meluncurkan suatu layanan analisis TikTok untuk profile dan hashtag. Kita melihat bahwa Instagram dan Tiktok adalah dua channel media sosial yang paling relevan dan fast-growing dan itu menjadi alasan kami untuk fokus kepada dua channel tersebut,” terang Founder dan CEO Analisa.io Bradian Muliadi.

Selama dua tahun berjalan, Analisa.io cukup percaya diri dengan inovasi dan pertumbuhan yang didapatkan. Berada di bawah naungan PT Binc Teknologi Grup, mereka sudah melayani pelanggan di lebih dari 49 negara, dari kelas UKM sampai korporasi.

“Di kancah global, Analisa.io telah berhasil mendapatkan kepercayaan dari perusahaan-perusahaan besar seperti Naver, Reckitt Benckiser, Galderma, Hakuhodo, dan BBDO. Pencapaian dalam dua tahun ini yang menjadi inspirasi dan semangat kami untuk selalu berkembang dan menciptakan inovasi-inovasi lainnya yang berguna bagi banyak pihak ke depannya,” cerita Bradian.

Teknologi dan fokus bisnis saat ini

Salah satu masalah terbesar dari layanan analisis media sosial adalah ketergantungan akan data platform media sosial itu sendiri (seperti API) dan keakuratan data. Di Indonesia sendiri bisnis analisis media sosial bukan menjadi barang baru, beberapa masih bertahan beberapa lagi gulung tikar. Persaingannya yang lintas regional membuat pemainnya benar-benar harus memiliki keunikan dan ketangguhan, baik dari segi teknologi maupun bisnis.

Pihak Analisa.io tidak begitu banyak menjelaskan mengenai teknologi dan bagaimana sistem mereka bekerja. Mereka hanya menyebutkan bahwa membangun sebuah algoritma yang memungkinkan untuk menghasilkan data analisis berkualitas dengan margin eror yang rendah.

“Saat ini kami terus berfokus pada pengembangan produk yang sudah ada sebelumnya dengan berbagai research yang  dilakukan secara mendalam oleh tim internal kami, baik dari aspek produk dan growth. Tujuan dari pengembangan produk yang kami lakukan adalah untuk mendukung visi dan fokus utama kami yaitu untuk melakukan global expansion dengan social analytics tools yang dibangun dari Indonesia,” tutup Bradian.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id