3 September 2012

by wiku

Analisis Akun Facebook Anda dengan Fitur Baru Dari Wolfram Alpha

Wolfram Alpha baru-baru ini merilis fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat analisis data personal dari akun Facebook mereka. Data yang dimunculkan adalah yang berhubungan dengan perilaku personal yang ada di akun Facebook pengguna, aktivitas yang dilakukan di jejaring sosial ini, tipe update yang dilakukan, gender dari teman di Facebook serta berbagai laporan data lain.

Wolfram Alpha sendiri adalah sebuah layanan mirip mesin pencari yang bergua untuk menyediakan jawaban berdasarkan komputasi dan memberikan pengetahuan. Layanan ini bekerja berdasarkan pengetahuan ahli dan algoritma yang secara otomatis memberikan jawaban atas pertanyaan, melakukan analisis dan menampilkannya dalam bentuk laporan.

Cara untuk mendapatkan laporan dari analisis data personal dari akun Facebook adalah dengan menuju situs Wolfram Alpha, lalu ketikan kata kunci 'Facebook Report'  pada kolom pencarian (atau Anda bisa menuju tautan ini) setelah itu koneksikan akun Facebok Anda dengan layanan Wolfram Alpha (perhatikan juga tahapan integrasi aplikasi ini, karena akan meminta ijin untuk mengakses data dari akun Facebook Anda). Setelah itu Anda akan diarahkan untuk mendaftarkan diri di layanan Wolfram Alpha. Jika Anda sudah memiliki akun di layanan ini, Anda bisa melakuakan proses sign in terlebih dahulu sebelum mengakses fitur Facebook Report.

Setelah proses koneksi akun Facebook dan sign in selesai, maka Wolfram Alpha akan menampilkan laporan analitik dari akun Facebook Anda. Ada banyak informasi yang disajikan dalam bentuk grafik, yang memudahkan Anda untuk menganalisis informasi dari akun Facebook Anda. Misalnya saja kita bisa melihat update apa yang paling aktif kita lakukan, status, membagikan tautan atau mengunggah foto. Lalu kita bisa mengetahui informasi sebaran teman kita, mulai dari gender, status relationship, umur sampai lokasi mereka.

Tentu saja data ini didapatkan dari informasi yang dibagikan oleh teman-teman Anda, semakin banyak informasi yang diberikan maka tampilan laporan akan semakin lengkap.

Informasi lain yang ditampilkan dalam laporan ini antara lain foto yang paling banyak di-Like serta yang paling banyak mendapat komentar.

Tampilan laporan disajikan dalam bentuk daftar serta grafik, yang memudahkan untuk meneliti atau membacanya. Seperti yang dikutip dari TechCrunch, Wolfram Alpha mengatakan bahwa fitur untuk laporan menganalisis data personal akun Facebook yang kini telah bisa dinikmati ini merupakan langkah awal dan masih akan dikembangkan dengan menambahkan fitur-fitur baru lainnya.

Tertarik untuk membuat laporan analitik personal dari akun Facebook Anda? Anda bisa menuju situs Wolfram Alpha dan mengetikkan Facebook Report pada kolom pencarian atau langsung menuju tautan Facebook Report ini.

Sumber: TechCrunch.