StartupDScovery

Analisis Cash Flow dan Contoh Laporannya

Setelah mengetahui jenis-jenis cash flow dan cara membuatnya, sekarang kamu harus tau cara menganalisis laporan cash flow.

Analisis cash flow menjadi hal yang penting dalam laporan cash flow, setelah kamu mengetahui contoh dan cara membuat cash flow. Setelah mengetahui cara menghitung cash flow, hal selanjutnya adalah melakukan analisis.

Menganalisa cash flow ini sangat penting dilakukan, karena untuk mengetahui alur keluar masuknya dana usaha agar kamu bisa mengetahui apakah alur kas ini berjalan negatif atau positif.

Di artikel ini kamu akan mengetahui bagaimana cara menganalisa cash flow sampai contoh template analisis yang bisa kamu unduh. Simak pembahasan berikut!

Apa itu analisis cash flow?

Setelah membuat laporan arus kas dan menghitungnya, kamu perlu menganalisa cash flow. Apa itu analisis cash flow? Analisis cash flow adalah sebuah metode untuk mengetahui arus kas dan proyeksi dari keuangan usaha kamu. 

Hal ini bertujuan untuk melihat apakah keuangan sebuah perusahaan lancar atau mengalami defisit? Menganalisa cash flow juga berguna untuk melihat apa keuntungan yang diharapkan sudah sesuai. Selain itu, analisis ini juga untuk menggambarkan likuiditas bisnis kamu.

Menganalisa cash flow bisa dilakukan dalam dua tahap, tahap yang pertama kamu menganalisis dari setiap komponen yang ada. Sehingga, saat kamu membuat laporan arus kas aktivitas operasional, kas aktivitas investasi, dan kas aktivitas pendanaan, kamu juga bisa sekalian membuat analisisnya masing-masing. Namun, kamu juga bisa menganalisa cash flow di akhir setelah ketiga komponen tersebut selesai dan net cash flowsudah terhitung.

Cara analisis cash flow

Dilansir dari Netsuite ada lima langkah yang harus diperhatikan untuk menganalisa cash flow.

1. Bertujuan untuk membuat arus kas positif

Perusahaan dengan keuangan yang lancar menandakan pendapatan operasional nya memiliki pendapatan yang lebih besar dari pendapatan bersih. Dengan pendapatan dan keuntungan yang besar dapat mempertahankan operasi perusahaan untuk tetap berlanjut.

2. Berhati-hati dengan arus kas positif

Tidak semua arus kas positif itu menandakan arus kas yang baik, kamu harus memeriksa lagi apakah semua pendapatan dan keuntungan tersebut juga sudah kamu gunakan untuk membayar hutang piutang? Karena, hutang piutang dan pajak wajib kamu bayarkan agar keuangan bisa stabil.

3. Analisis arus kas negatif

Kamu juga harus menganalisis setiap pengeluaran yang dibayarkan oleh perusahaan, dan arus kas negatif juga sebenarnya bukan hal buruk jika dana yang dikeluarkan memang diperlukan untuk kebutuhan operasional yang mendesak.

4. Menghitung free cash flow

Sebelum menganalisa cash flow, kamu juga harus menghitung free cash flow. Hal ini untuk mengetahui apa yang tersisa dari pengeluaran operasional dan juga pengeluaran modal, yang nantinya bisa digunakan untuk membeli saham atau mengakuisisi perusahaan lain.

5. Membangun kepercayaan dari margin arus kas aktivitas operasi

Dengan adanya rasio margin dari arus kas aktivitas operasi juga sebagai bentuk persentase dari pendapatan dan keuntungan transaksi pada periode tertentu. Margin positif juga dapat menunjukkan efisiensi dan kualitas pendapatan.

Apa hasil analisis cash flow?

Seperti yang disebutkan di kalimat pembuka, menganalisa cash flow ini bisa digunakan untuk melihat bagaimana hasil akhir dari arus kas sebuah perusahaan. Apakah hasil akhirnya negatif atau positif?

  • Arus kas positif

Arus kas positif adalah keadaan di mana jumlah kas yang masuk lebih besar dibandingkan jumlah kas yang keluar. Jumlah kas yang masuk bisa kamu identifikasi dari bagian arus operasional seperti hasil penjualan, atau juga bisa berasal dari penjualan saham, properti, aset,  dan keuntungan dari investasi.

Dengan menghasilkan arus kas positif menunjukkan usaha transaksi, hingga biaya investasi sudah berjalan lancar dan baik.

  • Arus kas negatif

Kebalikannya dari arus kas positif, arus kas negatif ini terjadi ketika uang kas keluar lebih besar dari uang kas yang masuk. Hal ini bisa terjadi ketika usaha kamu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk pembelian alat, properti, atau juga beban biaya yang dibayarkan tidak sebanding dengan hasil penjualan pada periode tersebut.

Contoh analisis cash flow

Menganalisa cash flow saat ini sangat mudah, karena kamu hanya perlu mengunduh template analisis cash flow dari MIcrosoft Excel secara gratis. Bahkan, kamu tinggal langsung mengganti angka keuangan sesuai dengan perusahaan yang kamu kelola.

Link download: template menganalisa cash flow

Membuat analisis cash flow ini sangat berguna untuk mengelola keuangan, karena dengan pengelolaan  arus kas yang baik dan sesuai bisa membantu untuk megembangkan bisnis yang kamu jalani.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again