Categories

Game

Ancam Gabe Newell, Developer Independen Di-ban Dari Steam

Yoga Wisesa - 23 October 2014

Mengeluhkan pekerjaan dan orang lain di sosial media bukanlah hal yang dianjurkan, apalagi menggunakan kata-kata kasar dan bersumpah serapah. Walau sudah dihapus, sekali diunggah, internet akan mengabadikannya. Dan hal pahit tersebut dirasakan oleh developer permainan indie bernama Mike Maulbeck dari Code Avarice.

Pada awal minggu ini, semua tampak berjalan lancar bagi Mike. Paranautical Activity - game yang mengkombinasi genre roguelike, shooter, dan visual balok a la Minecraft - baru saja menanggalkan status Early Access, dan tersedia sebagai versi retail sejati. Kehadirannya sungguh pas karena mengangkat tema serupa dengan Halloween. Sayangnya ada kesalahan teknis dari Steam, menyebabkan permainan masih berada dalam kategori Early Acces.

Bukannya menghubungi Steam langsung, Maulbeck malah merespon secara berlebihan. Dengan kata-kata kasar ia mem-posting di Twitter, mengeluhkan ketidakbecusan Steam. Setidaknya tak kurang dari tiga posting berisi kata makian berbahasa Inggris. Bahkan Mike menuduh Steam mencuri uangnya dan melakukan misinformasi.

 

 

Info menarik: Untuk Kurangi Persaingan, Project CARS Ditunda ke Tahun Depan

 

 

Steam belum menanggapinya serius hingga Maulbeck mem-posting ancaman pribadi ke sesepuh studio sekaligus co-founder Valve, Gabe Newell. Bercanda atau tidak, ancaman nyawa bukanlah mainan. Dan hal itu diperparah oleh nama yang Mike gunakan di akun Twitter-nya, Mike Murderback. Ia memang menghapusnya, tapi screenshot sudah diambil, dan Valve telah mengetahuinya.

Alhasil, Paranautical Activity ditarik dari Steam. Steam mengirim email resmi ke Maulbeck, yang kemudian ia forward ke Eurogamer. Pada intinya, Valve menyatakan tidak masalah mengekspresikan rasa frustasi pada layanan distribusi digital mereka itu melalui sosial media. Tapi tweet ancaman jiwa telah melewati batasan, dan Valve memutuskan untuk mengakhiri hubungan bisnis dengannya.

Mike Maulbeck kehilangan akun sebagai admin, dan game sempat disingkirkan dari Steam. Tim Code Avarice akhirnya menyatakan permohonan maaf formal langsung di website mereka. Tanpa Steam, tak banyak yang dapat diperbuat developer independen.

Untungnya, Paranautical Activity kembali muncul di sana, walau masih mengusung title Early Access. Walau begitu, tidak ada yang tahu nasib Maulbeck selanjutnya, ia mengundurkan diri dari Code Avarice.

Sumber lain: Player Attack. Gambar header: Arstechnica.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter