Categories

Internet

Anchor Mudahkan Pembuatan Podcast dari Rekaman Sesi Video Call

Video yang diunggah akan langsung dikonversi menjadi file audio

Glenn Kaonang - 29 April 2020

Salah satu cara termudah untuk membuat podcast adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Anchor. Pendapat tersebut masih valid bahkan di masa pandemi seperti sekarang, sebab Anchor telah menyiapkan fitur baru berupa konversi video ke audio.

Fitur ini dibuat untuk mengubah sesi video call menjadi file audio yang siap dijadikan podcast. Idenya adalah, komunikasi jarak jauh via panggilan video semestinya tidak mencegah terciptanya diskusi yang menarik sekaligus cocok untuk dijadikan podcast.

Yang perlu dilakukan hanyalah merekam sesi panggilan videonya, lalu mengunggah file videonya (.mp4 atau .mov) ke Anchor. Oleh karena itu, pengguna harus paham lebih dulu cara merekam sesi video call di platform seperti Google Meet, Zoom, Skype atau FaceTime. Sesi live streaming dari Instagram maupun Twitch juga dapat direkam dan diunggah ke Anchor.

Anchor video conversion

Durasi video yang diunggah tak boleh lebih dari 3 jam. Selesai diunggah, videonya akan langsung dikonversi menjadi file audio yang siap diedit menggunakan fitur-fitur bawaan Anchor, atau langsung dipublikasikan begitu saja.

Berhubung Anchor sudah diakuisisi Spotify sejak tahun lalu, podcast-nya secara otomatis juga akan eksis di katalog Spotify, yang belum lama ini mulai menghadirkan playlist terkurasi khusus podcast.

Sumber: Anchor.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter