Categories

Social Media

Anda Kini Bebas Mengatur Apa Saja yang Tampil di News Feed Facebook Anda

Glenn Kaonang - 10 July 2015

Sudah bukan rahasia apabila Facebook ingin mengoptimalkan apa yang kita jumpai di News Feed masing-masing. Mereka memanfaatkan kecanggihan algoritma untuk menyortir post yang muncul di News Feed berdasarkan kebiasaan dan riwayat penggunaan kita.

Sederhananya, apa yang dilakukan Facebook sebenarnya adalah memprioritaskan post yang berasal dari orang-orang yang sangat mungkin Anda ajak berinteraksi, plus konten-konten lain yang biasanya kita beri tanda jempol sekaligus kita tinggali komentar.

Selama ini, Facebook memang memberikan sejumlah kontrol terhadap pengguna dalam mengoptimalkan konten di News Feed. Namun situs jejaring sosial terbesar itu baru saja mengumumkan sebuah fitur anyar bernama News Feed Preferences, yang akan menghadirkan kontrol atas News Feed yang lebih lengkap lagi.

Info menarik: Masih Terobsesi, Facebook Jajal Fitur Edit Foto ala Snapchat

Dalam Facebook News Feed Preferences baru ini, pertama-tama Anda akan diminta untuk memilih siapa saja rekan Facebook maupun Page yang ingin Anda lihat di paling atas. Sebelum memilih, Anda bisa tap foto profil seorang teman untuk mengecek post-post terakhirnya terlebih dahulu. Usai memilih, nantinya post-post dari merekalah yang akan muncul di paling atas setiap kali Anda membuka Facebook, diikuti oleh simbol bintang sehingga Anda bisa paham mengapa mereka diprioritaskan.

News Feed Preferences kini juga akan memberikan Anda sejumlah rekomendasi Facebook Page yang sekiranya ingin Anda pantau, berdasarkan tipe Page yang Anda like sebelumnya. Di saat yang sama, Anda juga bisa memilih teman atau Page yang ingin Anda unfollow. Anda dapat melihat post dari siapa saja yang muncul di News Feed Anda selama seminggu terakhir, lalu pilih mana saja yang ingin Anda unfollow.

Tidak cuma itu, Anda juga bisa melihat daftar teman atau Page yang sudah Anda unfollow sebelum ini. Anda bebas memilih untuk tetap cuek atau kembali menerima update dari mereka di News Feed Anda.

News Feed Preferences ini sudah bisa diakses langsung oleh pengguna aplikasi Facebook di iOS melalui laman Settings, versi Android dan desktop-nya akan menyusul dalam beberapa minggu ke depan.

Sumber: Facebook.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter