12 August 2015

by Glenn Kaonang

Anda Kini Bisa Berkirim Emoji Star Wars di iMessage

18 Desember 2015 masih jauh, jadi jangan harap para fans Star Wars – seperti tim editorial Trenologi salah satunya – bakal berhenti membicarakan tentangnya dalam waktu dekat. Buat yang tidak tahu ada hal istimewa apa di balik tanggal tersebut, ini merupakan jadwal perilisan film Star Wars: The Force Awakens ke bioskop.

Bulan April kemarin, tepatnya menjelang event Star Wars Celebration, Twitter sempat mencuri perhatian para penggemar Star Wars dengan memperkenalkan tiga emoji baru yang bisa dipakai di jejaring sosial tersebut. Ketiganya adalah #C3PO, #Stormtrooper dan #BB8 yang merupakan pendatang baru. Lalu hampir semua orang pun bertanya dalam hati: "Bagaimana cara menggunakan emoji keren ini di aplikasi lain?"

Tak usah bertanya-tanya lagi, karena Anda sekarang sudah bisa bertukar pesan menggunakan emoji Star Wars, asalkan Anda memakai perangkat iOS. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi resmi Star Wars di App Store. Dalam update terbarunya, app ini menghadirkan 52 emoji yang super imut, mulai dari R2-D2, Yoda, Darth Vader sampai Vader yang helmnya sudah reyot sekalipun.

Info menarik: Fans Star Wars, Ayo Rakit Lightsaber Anda sendiri

Sayang sekali, emoji Star Wars ini hanya bisa dipakai di iMessage saja, tidak di aplikasi lain. Cara kerjanya mirip aplikasi LINE Keyboard. Bedanya, di sini Anda harus masuk ke app Star Wars, tap tombol GIFS + EMOJIS, lalu pilih emoji apa saja yang Anda mau, yang akan otomatis tersalin di clipboard. Selanjutnya, Anda tinggal tap tombol Paste pada iMessage.

Satu lagi hal amat disayangkan, app Star Wars ini hanya tersedia di App Store Amerika Serikat saja. Tapi masih ada cara untuk bisa mendapatkannya, yakni dengan mengubah data negara pada Apple ID Anda. Atau Anda juga bisa membuat Apple ID lain dengan data negara Amerika Serikat, lalu sign-in dengan akun tersebut di App Store.

Bagaimana dengan para fans Star Wars yang menggunakan perangkat Android? Jangan khawatir, kabarnya emoji Star Wars juga akan segera menyusul ke Android.

Sumber: CNET.