1 April 2016

by Glenn Kaonang

Anda Kini Bisa Menelusuri Abbey Road Studios dalam Virtual Reality

Tampilan 360 derajatnya akan terasa lebih immersive, serta didukung oleh audio dalam format surround

Sekitar setahun yang lalu, Google meluncurkan proyek unik bernama Inside Abbey Road. Lewat sebuah situs khusus, pengguna diajak untuk menelusuri studio rekaman legendaris di kota London tersebut, dimana band-band kenamaan seperti The Beatles dan Pink Floyd sempat menjadikannya sebagai rumah kedua.

Kini Google sudah siap membawa proyek tersebut ke tingkat yang lebih tinggi, yakni dalam wujud virtual reality dengan bantuan headset Google Cardboard. Format tampilan Street View 360 derajat yang sudah ada bisa dipastikan akan terasa lebih immersive, sehingga pengguna pun bisa merasa seakan-akan sedang berada di dalam Abbey Road Studios.

Inside Abbey Road versi Cardboard ini masih akan menawarkan tur virtual yang dipandu oleh Giles Martin, yang tidak lain dari anak almarhum George Martin, produser The Beatles yang sudah sangat mengenali seluk-beluk Abbey Road Studios.

Selain menikmati tur, pengguna tentunya juga dibebaskan untuk mengeksplorasi Abbey Road Studios dengan sendirinya, berpindah dari satu studio ke yang lainnya, hingga akhirnya tiba pada ruang mastering dimana sebuah rekaman lagu sedang mendapat sentuhan akhir dari tangan ahli sebelum dirilis.

Ada banyak pengalaman unik yang ditawarkan Inside Abbey Road versi Cardboard, yang memang secara spesifik dirancang untuk virtual reality. Di Studio 1 misalnya, pengguna bisa merasakan seperti apa rasanya menjalani sesi rekaman bersama London Symphony Orchestra. Agar terasa lebih realistis, audio disajikan dalam format surround.

Kalau Anda punya Google Cardboard dan smartphone yang kompatibel, silakan langsung unduh aplikasi Inside Abbey Road di Google Play. Versi iOS-nya dijanjikan akan menyusul dalam waktu dekat.

Sumber: Google Blog.

Application Information Will Show Up Here