7 December 2016

by Glenn Kaonang

Anda Sekarang Bisa Matikan Fitur Komentar di Instagram

Pengguna dengan akun privat juga bisa menghapus follower secara manual

Saya yakin Anda semua benci dengan yang namanya spam di Instagram. Sedang asyik melihat-lihat foto lawas lalu mengunggahnya dengan hashtag #throwback, tidak lama kemudian muncul komentar seputar rahasia menambah follower. Andai saja ada cara untuk menghalau orang-orang jahil ini.

Well, Instagram sebenarnya sudah menyediakan solusinya sejak September kemarin berupa fitur moderasi komentar berbasis kata kunci, tapi jujur saya terlalu malas untuk mencantumkan satu per satu kata kunci yang kerap terkandung dalam komentar spam. Tidakkah ada alternatif yang lebih manjur?

Ada, dalam beberapa minggu ke depan, kita bisa mematikan fitur komentar secara menyeluruh untuk masing-masing foto atau video yang kita unggah. Caranya, sebelum menekan tombol "Share", Anda bisa mengakses menu berlabel "Advanced Settings" di bagian bawah dan memilih opsi "Turn Off Commenting". Komentar bisa kembali diaktifkan kapan saja pengguna mau.

Pembaruan sistem komentar pada Instagram / Instagram

Selanjutnya, pengguna nantinya juga bisa membubuhkan like dalam bentuk tanda hati ke tiap-tiap komentar. Semua ini merupakan bentuk upaya Instagram dalam membangun komunitas yang positif.

Bagi yang mempunyai akun privat, Anda sekarang bisa menghapus follower secara manual, dan orang tersebut tidak akan bisa tahu kecuali ia memeriksa daftar pengguna yang ia ikuti satu per satu. Ini sangat berguna seandainya Anda tidak sengaja meng-approve seseorang yang tak dikenal. Sebelum ini, satu-satunya cara adalah memblokir pengguna tersebut.

Terakhir, Instagram juga menambahkan fitur pelaporan anonim terhadap pengguna yang diduga bakal mencederai dirinya sendiri. Instagram pun telah membentuk suatu tim khusus yang pada dasarnya bisa dianggap sebagai konsultan anti-galau yang siap bertugas 24 jam nonstop.

Sumber: VentureBeat dan Instagram. Gambar header: Pixabay.