25 November 2016

by Glenn Kaonang

Andalkan Machine Learning, Plex Kini Bisa Cantumkan Tag Foto Secara Otomatis

Permudah organisasi dan pencarian foto dengan koleksi yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan

Ratusan atau bahkan ribuan foto yang disimpan tanpa mementingkan aspek organisasi sama saja percuma; bagaimana caranya Anda mau melihatnya lagi suatu saat nanti kalau kesulitan menemukannya? Itulah mengapa ada fitur tagging, dimana Anda bisa mengelompokkan foto serupa, semisal foto anjing kesayangan, meski berada di folder yang berbeda.

Akan tetapi mencantumkan tag satu per satu di setiap foto adalah pekerjaan yang membosankan sekaligus memakan waktu. Solusinya, menurut Plex, adalah machine learning. Belum lama ini, layanan media streamer tersebut meluncurkan fitur auto tagging.

Fitur ini pada dasarnya akan membubuhkan tag secara otomatis ke setiap foto yang pengguna unggah. Kembali ke foto anjing tadi, Plex akan memberikan tag semacam “dog” atau “puppy”. Semuanya berjalan tanpa campur tangan dari pengguna.

Plex akan menampilkan sejumlah foto terkait berdasarkan tag-nya / Plex

Selanjutnya, pengguna bisa melakukan pencarian foto berdasarkan tag dan melihat hasilnya secara instan. Selagi melihat-lihat foto, Plex juga akan menampilkan foto-foto terkait berdasarkan tag-nya, sehingga pada akhirnya pengguna bisa ‘menyelam’ di dalam kenangan-kenangan manisnya sampai lupa waktu.

Plex juga telah memperbarui aplikasinya supaya proses mengunggah atau meng-import foto bisa berlangsung empat kali lebih cepat. Lebih lanjut, foto dan video kini dijadikan satu di dalam library. Namun khusus untuk auto tagging, Anda harus menjadi pelanggan Plex Pass terlebih dulu untuk bisa menikmatinya.

Sumber: Engadget dan Plex.