Categories

Mobile

Android 7.0 Nougat Resmi Dirilis untuk Smartphone Seri Nexus

Adapun perangkat yang beruntung adalah Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan ponsel General Mobile 4G (Android One)

Bambang Winarso - 23 August 2016

Google akhirnya secara resmi mendistribusikan sistem operasi Android terbarunya, 7.0 Nougat ke perangkat Nexus, Pixel C dan Android One melalui OTA. Adapun perangkat yang dipastikan mendapatkan jatah lebih dulu, antara lain Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan ponsel keluaran General Mobile 4G (Android One).

Peluncuran ini mengakhiri rasa penasaran sejumlah pengguna Android. Sejak versi preview pertamanya dirilis pada bulan Maret lalu, Android N memang menjalani fase penggemblengan yang cukup panjang. Total, ada lima versi developer yang diluncurkan setiap satu bulan. Terakhir, preview kelima dilepas pada buli Juli di mana Android N telah matang dan siap menjalani debut.

Dalam tulisannya, Google memperkirakan ada 250 fitur baru yang diboyong oleh Android 7.0 Nougat. Berikut adalah ulasan beberapa fitur terpenting yang kami kelompokkan dalam lima kategori.

72 emoji baru memperkaya koleksi emoji yang sudah ada

  • Personal: Android Nougat menghadirkan 72 emoji baru, Quick Setting, dan dukungan multi locale dengan kemampuan menganalisa penyesuaian bahasa pengguna.
  • Produktivitas: OS dapat menjalankan dua aplikasi secara berdampingan, fitur Direct Replyuntuk menjawab pesan dari jendela notifikasi, Quick Switch untuk berpindah dari beberapa aplikasi dengan dua kali tap.
  • Efisien: Pengembang melakukan peningkatan fitur Doze yang ditujukan untuk menghemat lebih banyak daya saat digunakan.
  • Grafis: Android Nougat juga memanjakan penggemar game dengan menghadirkan dukungan Vulkan, grafis generasi baru yang ditenagai multi core serta dukungan Daydream untuk dukungan virtual reality.
  • Keamanan: Beberapa hal penting yang ditujukan untuk melindungi pengguna, antara lain fitur instalasi update di latar belakang, enkripsi berkas yang lebih pintar, dan Direct Boot yang melindungi aplikasi bahkan saat perangkat dalam kondisi terkunci.

Fitur Quick Setting di Android 7.0 Nougat

Selain perangkat Nexus, Google juga telah memastikan LG V20 bakal menjadi smartphone pertama di luar jajaran Nexus yang menggondol Android 7.0 Nougat sejak lahir. Ke depan sejumlah pabrikan juga dipastikan bakal ikut mempersiapkan diri untuk melakukan hal serupa. Jika bukan perangkat baru, setidaknya untuk jajaran flagship masing-masing.

Sumber gambar header Twitter.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter