Google Umumkan Fast Pair, Mudahkan Proses Pairing Antara Perangkat Bluetooth dan Android

Google Umumkan Fast Pair, Mudahkan Proses Pairing Antara Perangkat Bluetooth dan Android

Merupakan inovasi yang tepat seiring bertambah banyaknya smartphone yang kehilangan jack headphone
Tampilan notifikasi yang muncul ketika perangkat dengan kapabilitas Fast Pair didekatkan ke ponsel / Google
Tampilan notifikasi yang muncul ketika perangkat dengan kapabilitas Fast Pair didekatkan ke ponsel / Google

Secara teknis, AirPods merupakan earphone Bluetooth. Namun tidak mengejutkan dari Apple, mereka selalu mencoba memberikan sentuhan khusus untuk memanjakan konsumennya. Dalam kasus ini, AirPods menawarkan proses pairing yang luar biasa praktis, dengan catatan Anda menggunakan perangkat iOS atau Mac.

Caranya, cukup dekatkan AirPods ke perangkat, maka perangkat akan langsung mendeteksi keberadaannya dan menampilkan tombol berlabel “Connect”. Klik tombol tersebut, maka AirPods sudah tersambung dan siap digunakan, tidak perlu mengakses menu pengaturan Bluetooth sama sekali.

Google Pixel Buds yang diluncurkan bulan lalu rupanya juga menawarkan fitur pairing cepat yang serupa, hanya saja khusus untuk pengguna smartphone Pixel 2 dan Pixel 2 XL saja. Pengguna ponsel Android lain yang mendambakan kepraktisan yang setara tidak punya opsi lain selain menggunakan headphone atau earphone Bluetooth yang juga dilengkapi NFC.

Namun Google rupanya tidak mau tinggal diam. Mereka ingin fitur bernama Fast Pair ini juga dapat dinikmati oleh pengguna ponsel lain. Syarat yang harus dipenuhi cuma tiga: 1) perangkat menjalankan OS Android versi 6.0 atau yang lebih baru, 2) Google Play Services ter-update ke versi 11.7, dan 3) menggunakan headphone atau earphone yang kompatibel.

via GIPHY

Fast Pair tidak mewajibkan perangkat memiliki Bluetooth 5.0. Fitur ini justru memanfaatkan informasi lokasi smartphone, sehingga ketika headphone atau earphone yang kompatibel didekatkan, ponsel dapat langsung mendeteksi keberadaannya (lengkap beserta namanya) dan menawarkan pengguna untuk melakukan pairing lewat satu sentuhan saja.

Andaikata headphone atau earphone yang disambungkan memiliki aplikasi pendamping, ponsel juga akan menampilkan opsi untuk mengunduhnya dari Play Store. Sejauh ini sudah ada tiga headphone dan earphone yang kompatibel dengan Fast Pair: Plantronics Voyager 8200, Libratone Q Adapt On-Ear dan tentu saja Pixel Buds.

Ke depannya jumlah perangkat yang mengadopsi fitur Fast Pair dipastikan bakal terus bertambah seiring pabrikan mengajukannya ke Google. Tidak cuma headphone atau earphone, tapi bisa juga speaker Bluetooth. Meski kedengarannya sepele, Fast Pair merupakan inovasi yang tepat mengingat satu per satu smartphone baru mulai melupakan eksistensi jack headphone.

Sumber: The Verge dan Google.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…