Android Kuasai 94 Persen Pasar Smartphone di Indonesia

Android Kuasai 94 Persen Pasar Smartphone di Indonesia

Juara 5, Faris (kiri) dan Juara 3, Ikhlas Sandy (kanan)
Juara 5, Faris (kiri) dan Juara 3, Ikhlas Sandy (kanan)

Bulan Juni kemarin, kita sempat membahas tentang perkembangan pasar smartphone di Indonesia. Dari artikel itu sebenarnya kita bisa menyimpulkan bahwa platform Android yang diwakili banyak merek sangatlah mendominasi, akan tetapi seberapa besar sebenarnya penguasaan pangsa pasar Android di tanah air dibandingkan platform lain seperti iOS misalnya?

Jawabannya cukup membuat saya terkejut. Berdasarkan survey yang dilakukan Waiwai Marketing, sampai kuartal kedua kemarin Android menguasai sekitar 94 persen total pangsa pasar smartphone di Indonesia, sisanya iOS – platform lain seperti BlackBerry dan Windows Phone sepertinya tidak dimasukkan dalam hitungan.

Ketika Anda bandingkan menurut angka tepatnya, hasilnya bakal lebih mengejutkan lagi. Dari total 41,5 juta smartphone di Indonesia, 39 juta di antaranya menjalankan OS Android. Dan ini rupanya tidak terjadi di Indonesia saja, tetapi juga di Asia Tenggara, dimana Android mendominasi di negara-negara seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia dan Filipina.

Info menarik: Perkembangan Pasar Smartphone di Indonesia: Samsung Masih Memimpin, Android One ‘Loyo’

Lalu apa faktor yang membuat Android begitu populer di Indonesia? Menurut saya, satu yang mempunyai andil paling besar adalah banyaknya smartphone Android yang super-ekonomis, dijajakan seharga kurang dari Rp 1 juta. Sebaliknya, iPhone termurah yang masih dijual sekarang saja, yaitu iPhone 4, masih bertengger di angka mendekati Rp 2 juta – dan ini merupakan perangkat yang sudah berusia 5 tahun.

MDISEA-1

MDISEA-2

Faktor kedua, masih seputar harga, smartphone Android lebih terjangkau daripada iPhone, termasuk kelas flagship sekalipun. Sebagian smartphone Android kelas atas memang punya harga jual di atas kurs dolarnya, akan tetapi iPhone 6 dan iPhone 6 Plus malah lebih jauh lagi perbedaannya. Saya bahkan belum menyinggung soal smartphoneflagship harga kaki lima seperti besutan Xiaomi atau OnePlus.

Tentu saja ada faktor selera yang justru menjadi penentu utama. Mungkin saja memang konsumen smartphone di Indonesia lebih sreg dengan aspek keterbukaan yang ditonjolkan Android. Mungkin kita memang lebih senang dengan banyaknya pilihan yang ada. Apapun alasannya, dominasi Android sepertinya tidak bakal tergoyahkan hingga tahun-tahun ke depan.

Via: e27. Gambar header: Android.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…