Live Caption Ibarat Mesin Subtitle Otomatis untuk Semua Konten Beraudio di Perangkat Android

Live Caption Ibarat Mesin Subtitle Otomatis untuk Semua Konten Beraudio di Perangkat Android

Kecuali panggilan telepon dan video, semua konten beraudio bisa ditampilkan transkripnya secara real-time
Live Caption / Google
Live Caption / Google

Melihat riwayat seri Google Pixel selama ini, tidak heran apabila yang ditunggu-tunggu dari duo Pixel 4 adalah kehebatan kameranya. Kendati demikian, seri Pixel juga selalu menghadirkan inovasi menarik dari sisi software. Bukan versi OS terbaru yang saya maksud, melainkan fitur yang kesannya sepele, akan tetapi dampaknya cukup signifikan.

Salah satu yang paling saya suka adalah fitur Now Playing yang diperkenalkan bersama Pixel 2. Fungsinya pada dasarnya sama seperti aplikasi Shazam atau sejenisnya, akan tetapi Now Playing bisa berjalan secara otomatis dan tidak membutuhkan koneksi internet. Lalu di Pixel 3, ada integrasi Google Duplex yang sangat fenomenal meski masih berstatus eksperimental.

Pixel 4 pun kembali mengulangi tradisi yang sama. Fitur sepele nan sangat menarik yang dimaksud kali ini adalah Live Caption, yang memungkinkan Pixel 4 untuk membuatkan transkrip suatu audio secara real-time. Sejauh ini memang baru bahasa Inggris yang didukung, akan tetapi Google berjanji akan segera memperluas dukungannya ke bahasa-bahasa lain.

Live Caption juga dapat diaktifkan untuk audio yang sedang kita rekam sendiri / Google
Live Caption juga dapat diaktifkan untuk audio yang sedang kita rekam sendiri / Google

Menariknya, Live Caption bisa diaplikasikan di mana saja ada konten beraudio yang tengah diputar, di media sosial atau bahkan pada konten audio yang pengguna rekam sendiri. Untuk mengaktikannya, pengguna hanya perlu menekan tombol volume, lalu menyentuh icon Live Caption di bawah volume bar yang muncul pada layar.

Seketika itu juga sebuah boks akan muncul di tengah-tengah layar, diikuti oleh transkrip audionya secara real-time. Pengguna juga tak perlu khawatir boksnya menutupi video yang sedang diputar, sebab posisinya bisa dipindahkan ke mana saja kita mau. Khusus untuk panggilan telepon atau video, Live Caption tidak dapat digunakan.

Istimewanya, Google bilang Live Caption bisa bekerja secara lokal dan offline, sebab semuanya pemrosesannya dijalankan langsung di perangkat. Live Caption juga bukan cuma berguna untuk konsumen yang punya gangguan pendengaran saja, fitur ini bakal sangat bermanfaat ketika kita sedang berada di lokasi yang begitu ramai sehingga audionya mustahil kedengaran, atau ketika seorang ibu sedang menikmati deretan Instagram Story selagi menemani buah hatinya tidur.

Selain di Pixel 4, Live Caption nantinya juga bakal tersedia di Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Google juga bilang bahwa mereka tengah berusaha supaya ponsel buatan pabrikan-pabrikan lain juga bisa ikut kebagian jatah Live Caption.

Sumber: Google.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…