Categories

Mobile

Android M Resmi Dijuluki Android Marshmallow dan Usung Versi 6.0

Glenn Kaonang - 18 August 2015

Tidak terasa sudah hampir tiga bulan sejak Google mengumumkan Android M. Maka sudah saatnya sistem operasi baru tersebut mendapatkan nama resmi. Mulai hari ini, Anda bisa memanggilnya Android Marshmallow, bukan Macadamia Nut Cookie seperti yang dirumorkan, atau malah Android Martabak.

Kabar ini telah dikonfirmasi oleh Google lewat blog resmi Android Developers. Tak cuma mendapat nama resmi, Android Marshmallow rupanya juga mengusung versi 6.0, bukan 5.2 seperti yang diprediksi sejumlah pihak.

Dalam blog post tersebut, dijelaskan pula bahwa versi Developer Preview-nya sudah mencapai tahap final. Dengan kata lain, sesudah versi ini, Android Marshmallow telah siap dirilis untuk publik bersama dengan perangkat Nexus anyar. Soal kapan tepatnya, belum ada yang tahu, namun bisa dipastikan pada musim gugur tahun ini.

Info menarik: Google Rilis Android Experiments, Portal Khusus untuk Aplikasi ‘Abnormal’

Android Marshmallow sendiri pastinya membawa sejumlah fitur baru. Tiga yang paling menarik adalah Android Pay, dukungan terhadap komponen pemindai sidik jari dan port USB-C. Anda bisa melihat penjelasan lengkapnya di sini.

Anda juga bisa menonton video di balik layar berikut ini terkait pembuatan patung dalam video di atas sekaligus cerita singkat soal tradisi penamaan Android dari versi ke versi.

Via: Popular Science.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter