Categories

Mobile

Aplikasi Android Kini Bisa Berkomunikasi dengan Perangkat di Dekatnya Tanpa Koneksi Internet

Bisa untuk offline media sharing, atau distribusi peringatan darurat terkait cuaca buruk di lokasi yang kualitas jaringannya lemah

Glenn Kaonang - 1 August 2017

Bulan Mei lalu, tepatnya dalam perhelatan Google I/O, Google mengumumkan versi kedua dari API bernama Nearby Connections. Berkat API ini, developer sejatinya bisa membuat aplikasi yang dapat berkomunikasi dengan perangkat Android di dekatnya tanpa perlu mengandalkan koneksi internet.

Sebagai gantinya, yang digunakan adalah perpaduan Wi-Fi dan Bluetooth. Apa fungsinya? Banyak, bisa untuk media sharing secara offline, atau penyebaran peringatan darurat saat cuaca buruk melanda suatu lokasi.

Google tak lupa menjelaskan contoh penggunaan lain, seperti ketika berada di hotel misalnya. Jadi saat pengunjung masuk ke kamarnya dan ponselnya terdeteksi, maka suhu ruangan akan disesuaikan secara otomatis, dan mungkin juga musik favorit pengunjung bisa langsung diputar.

Contoh lain, API ini bisa dimanfaatkan untuk menggabungkan daftar kontak dua smartphone yang saling berdekatan, misalnya untuk sepasang suami-istri. Prosesnya tentu akan berjalan secara otomatis sesaat setelah kedua ponsel berada di radius jangkauan.

Sejauh ini sudah ada beberapa developer yang mengimplementasikan API ini. The Weather Channel misalnya, telah memanfaatkan teknologi ini untuk menciptakan mesh network di kawasan yang kualitas jaringannya lemah sehingga peringatan darurat mengenai cuaca buruk tetap bisa tersampaikan.

Google sendiri berniat memanfaatkan Nearby Connections pada Android TV, dimana pengguna bakal mendapat aplikasi remote control baru, yang dapat menyederhanakan proses setup awal sekaligus menyajikan konten ekstra.

Sumber: TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter