Categories

Gadget

Android One Debut di Eropa Lewat Peluncuran Karbonn Sparkle V

Bambang Winarso - 28 November 2014

Memulai debut di India September lalu, Android One dirancang untuk negara-negara berkembang yang masih memiliki pengguna feature phone yang tinggi. Namun baru-baru ini vendor lokal India, Karbonn, memutuskan untuk meluncurkan smartphone Android One mereka Sparkle V ke benua Eropa, Inggris jadi pendaratan pertama.

Ini adalah debut pertama program smartphone Android One di benua Eropa. Peluncuran ini cukup menarik, walaupun melenceng dari misi Android One yang sebenarnya ditujukan untuk negara-negara berkembang. Misi yang juga melatar belakangi pemilihan India sebagai pasar perdana Android One.

Tapi apa mau dikata, Sparkle V kenyataannya kini sudah dijajakan oleh Karbonn melalui toko retail online, Amazon dengan banderol terbilang tinggi, $205. Dua kali lipat lebih mahal ketimbang harga jual di India yang hanya berkisar $105.

karbonn-sparkle-v

Karbonn Sparkle V menawarkan layar dengan ukuran 4,5 inci dan resolusi 480×854 piksel. Kamera utama 5MP dengan LED flash dan di bagian depan beresolusi 2MP. RAM yang dibawa 1GB dengan memori internal 4G plus slot microSD hingga 32GB.

 

Info Menarik: Berkaraoke Ria Dengan Aplikasi Langit Musik Karaoke Dari MelOn

 

Prosesor yang dibawa model MediaTek MT6582 SoC dengan kecepatan 1.3 GHz quad-core Cortex-A7 CPU dan ditopang oleh baterai berkapasitas 1700mAh. Sistem operasi yang digunakan saat ini Android 4.4.4 KitKat, dimana perangkat akan memperoleh update OS langsung dari Google.

Saat ini kita belum bisa melihat bagaimana reaksi konsumen khususnya Inggris menanggapi debut perdana Karbonn Sparkle V Android One ini serta bagaimana perbandingan pilihan mereka dengan produk lain. Dari berbagai pilihan yang tersedia, sebenarnya tak sulit bagi mereka untuk membuat keputusan. Cukup dengan tambahan $20 mereka sudah bisa memperoleh  Moto G yang notabene punya resolusi layar yang lebih tinggi, memori lebih lega dan baterai yang lebih tangguh.

Dengan pertimbangan tersebut, cukup realists bila penulis dan mungkin juga Anda meyakini Karbonn Sparkle V tidak akan mendapatkan respon seperti yang diharapkan.

Peluncuran Karbonn Sparkle V ke kawasan Eropa tampaknya merupakan pelarian atas ‘kegagalan’ Android One di India. Menurut Times of India, penjualan Android One secara online mendapat tentangan dari toko retail offline. Penjualan online saat awal diluncurkan juga tidak sebaik yang diharapkan, penjualan Android One dari Karbonn dan Spice diberitakan membaik ketika penjualan offline dilakukan.

Sumber berita PhoneArena.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id