Categories

Mobile

Diputar, Dijilat, Dicelupin: Google Resmi Rilis Android Oreo

Android 8.0 Oreo datang membawa penyempurnaan di tiga aspek: performa, keamanan dan efisiensi daya

Glenn Kaonang - 22 August 2017

Sejak Google mengumumkan Android O untuk pertama kalinya, banyak yang berasumsi dan berharap Google bakal memilih “Oreo” sebagai nama versi terbaru dari sistem operasi mobile terpopuler itu. Ekspektasi konsumen semakin menguat setelah tahun lalu sedikit dikecewakan oleh pemilihan namanya yang ternyata bukan Nutella.

Apa yang dilakukan Google tahun ini sedikit berbeda dari tahun lalu, dimana mereka sempat meminta bantuan konsumen untuk memilihkan nama yang tepat buat Android N. Tahun ini Google lebih memilih untuk bungkam hingga tiba di saat yang tepat – di saat terjadinya fenomena gerhana matahari total – untuk mengumumkan kalau nama Android versi terbaru adalah benar Oreo.

Ini bukan pertama kalinya Google memakai sebuah merek sebagai nama resmi Android. Anda pastinya masih ingat dengan Android KitKat, yang berhasil Google dapatkan tanpa membayar biaya sepeser pun kepada Nestle maupun Hershey yang memegang lisensinya di Amerika Serikat. Apakah kolaborasi unik itu bisa Google ulangi bersama Nabisco selaku pemilik brand Oreo? Sejauh ini belum ada yang tahu.

Terlepas dari namanya, Android 8.0 Oreo datang membawa penyempurnaan di tiga aspek: performa, keamanan dan efisiensi daya. Menurut Google, Android Oreo cuma perlu waktu dua kali lebih singkat untuk booting pada Google Pixel, dan dukungan Android Instant Apps pastinya akan semakin mempercepat dan memuluskan kinerjanya secara cukup signifikan.

Soal keamanan, Oreo hadir mengusung integrasi Google Play Protect yang baru saja dirilis. Lalu terkait daya tahan baterai, Google memastikan kalau perangkat yang menjalankan Oreo bisa mempunyai baterai yang lebih hemat berkat optimalisasi aplikasi yang berjalan di background.

Fitur lain Android Oreo mencakup mode picture-in-picture yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video selagi membuka aplikasi lain, notification dot macam di iOS tapi yang interaktif, dan desain baru emoji yang menurut saya pribadi jauh lebih baik ketimbang sebelum-sebelumnya – sekaligus lebih sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Unicode.

Namun yang terpenting, kapan perangkat Anda bakal kedatangan update Oreo? Sesuai dugaan, yang pertama kebagian jatah lebih dulu adalah duo Pixel, Nexus 5X dan Nexus 6P, yang saat ini dikatakan tengah menjalani pengujian bersama pihak operator. Google juga bilang kalau produsen-produsen ponsel Android lain sudah berencana mengirim update atau merilis perangkat baru dengan Android Oreo pada akhir tahun ini.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter