Categories

Mobile

Android P Beta Sudah Bisa Dicicipi, Tapi Hanya untuk Perangkat Tertentu

Untuk pertama kalinya, versi beta Android bisa diunduh oleh perangkat selain Google Pixel

Bambang Winarso - 9 May 2018

Dalam pembukaan konferensi pengembang Google I/O 2018, Google mengungkapkan beberapa hal menarik termasuk kemampuan baru Google Assistant untuk melakukan panggilan atas nama Anda, peta augmented reality, dan game-game terbaik tahun 2018. CEO Sundar Pichai juga mengumumkan beta publik pertama untuk Android P, di mana untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Android, Google mengajak serta perangkat selain Pixel untuk ikut mencicipinya.

Android P beta publik dipastikan dapat dijajal oleh 11 ponsel pintar, termasuk ponsel Pixel sendiri, Esensial Phone, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S dan OnePlus 6. Maaf untuk penggemar Samsung, sepertinya brand idola Anda belum tercantum dalam daftar eksklusif ini.

Rilisan Andorid terbaru ini membawa sentuhan AI untuk mengoptimalkan pengelolaan daya dan kecerahan yang secara proaktif menghentikan aplikasi yang jarang digunakan dan meningkatkan kecerahan hanya ketika dibutuhkan. Bagian aplikasi prediktif kini juga dilengkapi dengan tombol baru yang mampu memprediksi aktivitas yang ingin dilakukan pengguna.

Google juga ingin memudahkan pengguna untuk mengelola screen time lebih baik dari sebelumnya. App Timer dihadirkan agar pengguna dapat menetapkan batas penggunaan aplikasi, di mana ketika pengatur waktu hampir habis, Android P akan memberi tahu Anda kemudian mengaburkan ikon aplikasi. Android P juga mempunyai dukungan gesture baru, misalnya mengarahkan layar ke arah bawah akan memicu mode Do Not Disturb, dan fitur Wind Down yang dapat secara otomatis aktif dengan cara memudarkan layar di waktu-waktu yang ditentukan, misalnya ketika tidur atau dalam perjalanan panjang.

Masih banyak fitur-fitur lain yang dihadirkan oleh Android P selain yang dijabarkan secara singkat di atas. Bagi Anda yang merasa memiliki perangkat yang disebutkan di atas, bisa mengikuti program beta Android P dengan mengunjuni tautan ini.

https://youtu.be/5aYSxW1e638

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header XDA-Developers.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter