Andromax R2 dan E2, Smartphone 4G Harga Terjangkau dengan Fitur VoLTE

Pertumbuhan pasar smartphone yang semakin besar di Indonesia mengharuskan para operator seluler untuk menyediakan jaringan 4G LTE yang reliable dan mencakup banyak lokasi. Salah besar apabila kita menilai 4G LTE unggul semata karena kecepatan transfer datanya meningkat pesat. Teknologi ini masih menyimpan sejumlah keunggulan lain, salah satunya adalah VoLTE atau lengkapnya Voice over LTE.

Apa itu VoLTE dan apa manfaatnya?

Sebelum VoLTE eksis, panggilan telepon akan berjalan pada jaringan seluler dengan kualitas yang biasa, sedangkan sambungan internet pada jaringan data 2G atau 3G. Dengan VoLTE semuanya berubah, panggilan telepon dan sambungan internet kini akan berjalan pada jaringan 4G LTE sehingga lebih optimal. Manfaat utama yang dihadirkan VoLTE adalah peningkatan kualitas suara dalam panggilan telepon secara drastis. Gampangnya, suara yang kita dengar dan kita sampaikan akan terdengar jauh lebih jernih ketimbang menggunakan jaringan 2G atau 3G. Tidak kalah penting, panggilan telepon juga akan tersambung secara lebih cepat dari sebelumnya dan dapat berlangsung dengan lebih stabil.

Masyarakat sudah bisa menikmati teknologi ini, pasalnya belum lama ini Smartfren secara resmi menyediakan layanan VoLTE yang hadir dalam smartphone Andromax R2 dan Andromax E2. Tarifnya pun tidak memeras kantong dan menguras data.

Andromax R2 dan Andromax E2

Andromax R2 bisa dibilang sebagai smartphone tercanggih yang pernah Smartfren rilis sampai saat ini. Ia mengemas panel layar IPS 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 pixel, yang dilapisi oleh kaca Dragontrail sebagai proteksi. Desain body-nya ergonomis sekaligus premium, mengandalkan rangka logam yang tampak elegan.

Dapur pacunya dihuni oleh chipset Qualcomm Snapdragon 415 dengan prosesor octa-core 1,4 GHz dan RAM sebesar 2 GB. Kapasitas penyimpanan yang tersedia adalah 16 GB dengan fasilitas kartu microSD. Melengkapi semuanya adalah kamera belakang 13 megapixel dengan LED flash ganda dan kamera depan 5 megapixel dengan lensa wide angle dan juga sebuah LED flash.

Sedangkan Andromax E2 terus mempertahankan gelar yang dipegang pendahulunya sebagai smartphone berfitur dan berspesifikasi mumpuni dalam harga amat terjangkau. Benar saja, desain bodinya yang juga ergonomis menjadi rumah bagi layar 4,5 inci. Layar ini sama istimewanya dengan milik Andromax R2 karena telah dibekali fitur Smart Screen, dimana pengguna bisa membuka layar hanya dengan mengetuknya sebanyak dua kali, tanpa perlu menekan tombol power.

Andromax E2 ditenagai oleh chipset Snapdragon 212, dengan prosesor quad-core 1,3 GHz dan RAM 1 GB. Tidak lupa juga disematkan sepasang kamera 5 megapixel pada bagian depan dan belakang – kamera depannya mengemas lensa wide angle, sedangkan kamera belakangnya ditemani sebuah LED flash.

Kedua anggota anyar Andromax ini sama-sama menjalankan sistem operasi Android Lollipop dengan tampilan antarmuka yang mudah dioperasikan. Namun yang jauh lebih penting lagi, keduanya sama-sama sudah mendukung teknologi VoLTE yang telah dibahas di awal artikel. Artinya, pengguna tidak akan hanya mendapat koneksi internet berkecepatan tinggi saja, tetapi juga kualitas panggilan telepon yang lebih jernih dan stabil.

Dua perangkat ini juga telah mendukung jaringan internet 4G LTE Smartfren yang kini semakin luas dari sisi jangkauan wilayah di Indonesia. Kecepatan yang didapatkan juga semakin maksimal karena didukung dengan penggabungan teknologi FDD (Frequency Division Duplex) yang berjalan di frekuensi 850 MHz dan teknologi TDD (Time Division Duplex) di frekuensi 2300 MHz. Tidak hanya jangkauan yang luas tetapi kapasitas download/akses internet pun bisa lebih cepat.

Semua itu akan terdengar semakin menarik karena harga dua perangkat ini sangat terjangkau. Andromax R2 dengan spesifikasinya yang cukup wahdan VoLTE dipatok hanya Rp 1.699.000 saja, sedangkan Andromax E2 malah lebih menggoda lagi di angka Rp 899.000. Lebih lanjut, pengguna Andromax R2 dan E2 juga bisa menikmati paket internet True Unlimited yang revolusioner, memberikan kecepatan internet full speed tanpa batasan waktu maupun kuota.

Lewat kedua smartphone baru ini, Smartfren sepertinya ingin membuktikan bahwa teknologi jaringan yang canggih seperti VoLTE ini tetap bisa dinikmati tanpa harus merogoh kocek yang begitu dalam. Jadi, kalau Anda ingin mencari smartphone yang menawarkan lebih dari sekadar konektivitas 4G LTE, tetapi juga suara jernih yang bisa diandalkan Andromax R2 dan Andromax E2 tentunya bisa jadi pilihan tepat.

*) Artikel ini hadir atas kerjasama DS/lifestyle dengan Smartfren.