29 March 2017

by Bambang Winarso

Andy Rubin Mulai Perlihatkan Smartphone Perdananya

Ponsel dirakit di bawah bendera Essential Products Inc

Andy Rubin dikenal sebagai penemu Android sebelum diakuisi oleh Google. Setelah menghabiskan beberapa tahun di bawah bendera Google, Andy memutuskan untuk menginisasi perusahaan baru yang dinamai Essential Products Inc. Essential kemudian disebut-sebut sedang mengembangkan sebuah ponsel modular yang rencananya akan diresmikan tahun ini. Jelang bergulirnya pergantian bulan, Andy mulai memamerkan wujud smartphone perdananya.

Foto ini merupakan foto asli yang di-posting oleh Andy melalui akun Twitter-nya. Dalam foto tersebut, tampak seorang pria menggenggam sebuah ponsel tanpa bezel. Hanya sebagian kecil bagian perangkat yang bisa dilihat, namun kemungkinan besar desain yang sama juga dapat dijumpai di bagian dasar layar.

Desain ini sesuai dengan tren yang mulai banyak dipraktikkan oleh sejumlah pabrikan perangkat. Xiaomi membuat persaingan kian sengit melalui model Mi Mix dan bahkan diyakini sedang mempersiapkan suksesornya yang masih fokus ke desain.

Smartphone yang akan jadi debut bagi Andy di industri mobile ini juga tampak mempunyai area notifikasi dan penunjuk waktu yang sangat identik dengan ponsel pintar berbasis Android lainnya. Sebuah tombol fisik juga tampak di sisi kanan perangkat. Tetapi untuk saat ini kita belum mengetahui apa fungsinya.

Fitur penting lain yang diyakini akan jadi senjata utamanya adalah dukungan modular. Essential menyebutkan kemampuan perangkat untuk mendapatkan tambahan perangkat seiring waktu. Salah satu modulnya merupakan sebuah kamera yang dapat menangkap objek dalam format 360 derajat beresolusi tinggi.

Sumber berita Engadget.