Categories

Mobile

Tak Bisa Lepas dari Android, Andy Rubin Bakal Bikin Smartphone Sendiri?

Andy Rubin dikabarkan sedang berupaya merekrut orang dan menggalang dana untuk mendirikan perusahaan smartphone sendiri

Bambang Winarso - 3 December 2015

Banyak orang mengenal Andy Rubin sebagai bapaknya Android karena ialah orang pertama yang merancang OS tersebut sebelum dicaplok oleh Google. Namun setelah mengundurkan diri dari Google pada Maret 2013 dan sepenuhnya keluar pada Oktober 2014, nama Andy Rubin meredup bahkan nyaris tanpa kabar sama sekali. Sampai pada hari Rabu, 2 Desember TheInformation via TheVerge melaporkan bahwa Andy Rubin sibuk mengembangkan startup dan mungkin saja akan kembali ke bisnis Android. Tapi kali ini Rubin tak berniat menggarap piranti lunak, melainkan terjun ke bisnis perangkat keras dalam wujud smartphone, tentu aja smartphone Android.

Menurut TheInformation, Andy Rubin sedang berupaya keras merekrut beberapa orang untuk memulai perusahaan smartphone-nya sendiri. Untuk mewujudkan ambisinya itu, ia dikabarkan memanfaatkan Playground Fun, sebuah startup pendanaan yang ia kelola sesaat setelah hengkang dari Google. Kampanye yang ia jalankan melalui Playground Fun kini sudah berhasil mengumpulkan modal sebesar $300 juta. Namun belum diketahui pasti apakah Rubin akan berada di balik nahkoda perusahaan barunya ini jika memang benar-benar terwujud.

Rubin sendiri sejak sepenuhnya meninggalkan Google lebih banyak berkutat pada pengembangan teknologi dan juga banyak terlibat di ranah investasi. Ia dikabarkan aktif di dunia permodalan sejak menjadi rekanan Redpoint Venture sembari menanamkan uangnya untuk mengembangkan teknologi kecerdasan buatan dan rumah pintar.

Dalam perjalanan sejarah teknologi komunikasi, Andy Rubin adalah salah satu tokoh penting yang mengubah dunia gadget khususnya smartphone lewat ciptaannya, Android. Bermodalkan nama besar itu, rasanya tidak sulit bagi Rubin untuk merekrut bakat-bakat handal guna memulai proyek barunya ini.

Sumber berita PhoneArena, TheVerge dan gambar header Hewlettpackardventures.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id