18 September 2017

by Bambang Winarso

Anggota Local Guides Bisa Unggah Video 10-30 Detik di Google Maps

Setelah fase pengujian tuntas, fitur ini diyakini akan dirilis ke pengguna global

Seperti aplikasi keluaran Google lainnya, Maps secara berkala memperoleh tambahan fitur baru guna memberikan kemudahan yang lebih kepada penggunanya. Tim pengembang di balik Maps juga terus melakukan pengujian fitur sebelum digulirkan ke publik, seperti yang dilakukan dua minggu lalu, Google memperkenalkan fitur baru untuk anggota program Local Guides. Melalui pembaruan tersebut, pengguna yang tergabung dalam program Local Guides bisa merekam video berdurasi 10 detik langsung dari Google Maps, atau mengunggah video 30 detik dari penyimpanan lokalnya.

Program Local Guides adalah program komunitas untuk mereka pengguna Google Maps yang suka dan punya ketertarikan terlibat lebih banyak dalam membagikan tips dan foto tempat-tempat menarik di dalam aplikasi. Informasi yang dibagikan ditujukan untuk membantu pengguna umum dalam memperoleh referensi yang lebih banyak terkait tempat yang ingin mereka kunjungi. Nah, mereka yang tergabung di dalamnya sudah memperoleh pemberitahuan akan ketersediaan fitur video ini.

Untuk mulai menggunakan fitur ini, pengguna cukup mencari atau memilih tempat yang ditampilkan oleh Google Map versi Android, kemudian pilih menu Add Photo – Camera dan tekan tombol shutter untuk merekam video. Ada juga opsi untuk mengunggah video dari memori lokal pengguna.

Bagi Anda yang belum tergabung dalam program Local Guides harus menunggu lebih lama sampai fase pengujian ini tuntas. Namun Google tampaknya juga sudah menggandeng beberapa pelaku bisnis untuk mencicipi fitur ini. Mengindikasikan bahwa selain membagikan video tempat-tempat menarik, fitur ini juga boleh dimanfaatkan untuk pemakaian personal, semisal untuk review tempat usaha pengguna atau bisnis.

Sumber berita Techcrunch dan gambar header Pixabay.