1. Startup

Animoto Membuka API Mereka, Tertarik?

Animoto, sebuah aplikasi untuk membuat video dengan gabungan antara foto, video serta musik yang kesemuanya bisa disusun oleh masing-masing pengguna, kini membuka API mereka yang memberikan kesempatan untuk para pemilik website untuk menambahkah fitur Animoto di situs mereka.

Seperti yang ditulis TechCrunch beberapa waktu yang lalu, program pengembangan Animoto Partner Platform ini bernama Quickstart. Jadi nantinya para pemilik website bisa menggunakan fitur yang dimiliki Animoto, seperti menyatukan berbagai images atau foto dengan ditambahkan musik, atau menggabungkannya dengan video klip dan ditambahkan dengan efek pergantian slide layaknya editing video ala profesional. Situs yang menggunakan Animoto di situs mereka nantinya bisa memberikan kemudahan bagi user mereka untuk membuat animasi video dengan animoto dari berbagai konten yang dimiliki situs tersebut.

Animoto sendiri pada dasarnya merupakan aplikasi pembuat video, mirip seperti slide show tapi dengan efek transisi antar images yang cukup seru, dan tentu saja musik. Waktu pertama kali saya menggunakan Animoto, hanya tersedia untuk foto, teks dan musik saja, tapi kini Animoto sudah bisa menyisipkan video klip yang bisa digabung dengan foto dan mus serta teks.

Salah satu yang menjadi unggulan adalah proses penyusunan video di Animoto yang sangat mudah, cukup upload foto atau video anda dari komputer, dari koleksi di Animoto atau dari situs lain lalu edit urutan konten, tambahkan teks, tambahkan musik, dan voila! Video anda selesai, anda bisa menikmatinya di akun Animoto anda atau share ke social network lain, seperti YouTube misalnya.

Sistem Animoto berbentuk freemium, untuk short video selama 30 detik user tidak diharuskan membayar sedangkan untuk fasilitas lebih, seperti durasi yang lebih panjang, atau ingin menghilangkan logo Animoto di video hasil edit, user diberikan pola pembayaran per tahun, per video atau dengan budget untuk kalangan profesional. Dan sedangkan untuk aplikasi partner, Quickstart, Animoto tidak memungut bayaran, bahkan mereka memberikan semacam program affiliate yang akan memberikan komisi bagi partner Animoto jika ada user lain yang berlangganan, meski tentu saja durasi yang dihasilkan user juga nantinya tergantung dari keanggotaan pemilik akun Animoto sendiri.

Quickstart sepertinya memang lebih cocok untuk pemilik situs bisnis atau komersil yang ingin membuat keterikatan lebih dalam dengan para usernya. Misalnya program promosi produk tertentu, user bisa di ajak untuk membuat kampanye video tertentu dengan berbagai konten yang disediakan oleh situs yang bersangkutan.

Atau cocok juga bagi website band atau pemusik, seperti yang telah dilakukan Jon Bon Jovi yang juga menggunakan aplikasi Quickstart dalam mempromosikan album mereka yang terbaru, dengan membuat kontes untuk user yang diajak untuk membuat video inspirasi tentang hero dengan konten yang digabungkan antara yang milik user dengan konten yang dimiliki di situs Jon Bon Jovi sendiri, seperti video klip.

Masih seperti yang ditulis TechCrunch, Quickstart API ini adalah API pertama yang akan dikembangkan oleh Animoto dan kemungkinan akan ada perkembangan lain lagi yang bisa membuka penggunaan aplikasi Animoto di situs lain menjadi lebih luas.

Bagi anda ingin mencoba, anda bisa mengunjungi situs Animoto di sini untuk contoh program yang dijalankan Jon Bon Jovi dengan Animoto bisa di lihat di link ini, dan untuk yang ingin mencoba Quickstart di sini atau sini. Dan tentu saja, kami menunggu pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again