4 April 2019

by Glenn Kaonang

Anker Ciptakan Charger Laptop, Charger Smartphone, dan Power Bank dalam Satu Wujud yang Ringkas

Berkat pemanfaatan material Gallium Nitride (GaN)

Dalam perkembangan teknologi terkini, Gallium Nitride (GaN) ibarat material ajaib di industri aksesori. Berkatnya, fast charger yang tadinya berukuran besar dapat diciutkan secara signifikan, dan ini sudah dibuktikan oleh dua pabrikan sekaligus, yakni Anker dan RavPower.

Buat Anker, mereka rupanya masih belum puas bereksperimen dengan GaN. Kreasi terbaru mereka adalah perangkat bernama lengkap Anker PowerCore Fusion Power Delivery Battery and Charger berikut ini. Seperti yang bisa kita lihat namanya, ia merangkap peran ganda sebagai adaptor charging sekaligus baterai portable alias power bank.

Sebagai adaptor, ia menawarkan output total sebesar 42 W, dibagi menjadi dua port: satu port USB-C Power Delivery berkapasitas 30 W yang sanggup mengatasi laptop, satu port USB-A berkapasitas 12 W untuk mengisi ulang baterai ponsel secara cepat. Kita juga tidak boleh lupa bahwa ada baterai berkapasitas 5.000 mAh di dalamnya, cukup untuk menyuplai 23 jam daya tahan ekstra bagi para pengguna iPhone.

Itu semua dikemas dalam dimensi yang sangat ringkas: 8,6 x 8,2 x 3,2 mm, dengan bobot 249 gram. Konsepnya 2-in-1, akan tetapi eksekusinya tetap rapi dan ringkas berkat pemanfaatan material GaN itu tadi.

Di Amerika Serikat, charger sekaligus power bank istimewa ini sekarang sudah dipasarkan lewat online store Apple seharga $100. Banderolnya tergolong tinggi memang, apalagi mengingat tidak ada satu pun kabel dalam paket penjualannya, tapi kita juga tak boleh lupa akan fakta bahwa ia merupakan charger laptop, charger smartphone sekaligus power bank dalam satu kemasan yang sama.

Sumber: The Verge.